Philadelphia Deringer, Pistol yang Membunuh Abraham Lincoln

oleh -262 views
Pistol yang membunuh Abraham Lincoln

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pada 14 April 1865, ada sebuah kejadian yang sempat menghebohkan dunia. Pasalnya, seorang Presiden Amerika Serikat yang orang kenal sebagai bapak demokraki tewas karena tembakan dari sebua pistol. Pistol yang membunuh Abraham Lincoln berjenis Philadelphia Deringer yang dirancang oleh Henry Deringer. Senjata ini memiliki barel 2,5 inci  dan menembakkan peluru kaliber 0,44.

Pistol yang membunuh Abraham Lincoln tersebut pertama kali muncul pada 1852 dan seketika pistol tersebut pun menjadi senjata yang cukup populer khususnya bagi mereka yang tidak ingin menggunakan sabuk senjata. Karena ukurannnya yang kecil, membuat jenis pistol ini mudah untuk orang bawa dan juga sembunyikan.

Ia tertembak dari belakang saat sedang menyaksikan drama Our American Cousin oleh aktor pendukung konfederasi, John Wilker Booth. Sebenarnya ia telah mendapatkan perawatan yang sangat baik. Namun, karena tembakan mengenai bagian tubuh yang vital, ia meninggal keesekoan harinya. Pasalnya, tembakan yang Booth lepaskan masuk melalui dekat telinga kirinya dan kemudian berhenti di atas mata kanannya.

Pembunuhan Abraham Lincoln - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Source by Wikipedia

Booth masuk kedalam panggung khusus presiden dengan mudah karena para polisi yang seharusnya menjaga panggung tersebut meninggalkan posnya untuk pergi ke kedai terdekat.

Ia menutup pintu dan menunggu di belakang Lincoln sembari menunggu waktu yang tepat. Ia menunggu agar semua penonton ketawa yang membuat suara dari tembakannya tidak terlalu terdengar karena suara keras yang para penonton keluarkan. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya menyembunyikan suara pistol tersebut.

Pasalnya, teriakan dari Mary Lincoln seketika menarik perhatian para penonton dan juga Major Henry Rathbone yang berada di sampingnya. Seketika Major Henry Rathbone langsung menyerang Booth.

Ketika Rathbone menyerang, Booth pun langsung mengeluarkan sebuah pisau dan kemudian menikam lengan bawahnya. Rathbone pun seketika mengeluarkan pistolnya, namun kalah cepat dari Booth yang kemudian menebas dadanya lalu melompat 12 kaki ke bawah ke panggung.

Baca artikel lainnya mengenai 4 Presiden Amerika Serikat yang Tewas Tertembak saat Masih Menjabat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.