Public Speaking Anxiety? Atasi Dengan Cara Berikut

oleh -132 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebuah tulisan oleh seorang Sarah Gershman di Harvard Business Review mengungkapkan tentang kegugupan ini. Sarah menyebutkan bahwa pada dasarnya public speaking anxiety memang ada dalam DNA manusia. (ND)

Orang-orang cenderung merasa gugup karena beberapa alasan. Hal ini karena mereka merasa tidak suka diawasi, tidak suka ditatap, dan tidak suka menjadi sorotan. Karena itu Sarah menyebutkan bahwa public speaking anxiety terdapat dalam DNA manusia.

Hal ini sudah seperti insting, karena pada masa prasejarah lalu tatapan dianggap sebagai ancaman. Seolah sedang diawasi oleh presator. Hal ini dapat menjelaskan tentang mengapa orang takut, cemas, atau gugup saat berbicara di depan umum.

Lalu adakah cara mengurangi atau bahkan menghilangkan kegugupan ini? Tentu saja, ayo simak ulasannya di bawah ini.

1. Kenali Para Pendengar

Menyiapkan topik sebelum berbicara di depan umum memang sangat penting. Namun jangan sampai mengabaikan aspek tentang para pendengar. Sebelum menyiapkan topik pastikan bahwa kalian tahu pasti tentang para audiens.

Pastikan siapa yang akan berada di ruangan itu? Kenapa mereka ada di sana? Apa saja yang mereka butuhkan? Jika kita tahu secara spesifik siapa audiens yang akan datang, maka kita akan lebih merasa tenang.

2. Pastikan Ruangan

Tips lainnya untuk mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan khalayak ramai adalah kenali tempat dimana kalian akan berbicara. Datanglah ke tempat di mana kalian akan tampil, baik itu ruang kelas, ruang jamuan, ruang konferensi, atau auditorium.

Jangan lupa usahakan untuk berlatih di tempat tersebut sebelum tampil, paling tidak sekali. Ketika kita telah mengetahui dan mengenal tempatnya diri kita akan merasa lebih nyaman dan rileks saat berbicara.

Baca Juga: Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Berlubang Dengan Cara Alami

3. Tatap Mata Audiens

Hal ini terkadang memang cukup sulit dilakukan. Tatap mata para pendengar satu per satu secara bergantian. Jangan hanya terfokus pada satu orang. Hal ini akan membuat kita terkesan sedang melakukan pembicaraan pribadi dengan audiens.

Di atas adalah tips untuk menghilangkan kegugupan, dan yang tidak kalah penting adalah buat diri senyaman dan serileks mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *