,

Sejarah Singkat Mengenai Kemegahan KRI Dewaruci

oleh -542 views
Sejarah KRI Dewaruci

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada tanggal 28 Februari pukul 11.05 WIB. Kota Cirebon telah kedatangan sebuah kapal layar terbesar milik TNI Angkatan Laut yang bernama KRI Dewaruci. Kapal ini berlabuh di pelabuhan Muara Jati, Cirebon, Jawa Barat. Dikabarkan kapal ini akan melanjutkan pelayarannya ke Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 3 Maret 2021. (mrg)

Nah, sebelum kamu datang mengunjungi kapal tersebut. Sebaiknya kita simak dulu sejarah singkat dari KRI Dewaruci ini. Check this out!

KRI Dewaruci merupakan kapal pelatihan bagi taruna muda dari akademi militer TNI Angkatan Laut. For your information nih, nama KRI Dewaruci sendiri berasal dari nama salah satu tokoh dewa pewayangan jawa yang bernama Dewa Ruci.

Baca juga : Datangnya KRI Dewaruci di Muara Jati Cirebon

KRI Dewaruci telah dua kali melaksanakan pelayaran keliling dunia yaitu tahun 1964 dan 2012. Pada pelayaran KJK 1964 KRI Dewaruci yang dipimpin Letkol Laut (P) Sumantri membawa 78 orang Taruna AAL dan 32 Anak Buah Kapal (ABK). Tujuan pelayaran ini untuk mengarungi tujuh samudra serta lima benua.

Sumber : Instagram (@mistergorilla)

Pelayaran kedua dilaksanakan 48 tahun kemudian, tepatnya tahun 2012. Pada pelayaran keliling dunia kedua ini, KRI Dewaruci dipimpin oleh Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dengan membawa 101 orang Taruna AAL dan 77 ABK.

Selain menjadi primadona saat pelayaran muhibah, KRI Dewaruci pun kerap meraih berbagai prestasi bertaraf internasional. Salah satu penghargaan internasional paling bergengsi yang pernah diraih oleh KRI Dewaruci adalah Cutty Shark Thropy saat Tall Ships Race di Australia tahun 1998.

Pada 25 Agustus 2019 lalu, KRI Dewaruci tiba di Teluk Manado untuk ikut serta pada opening ceremony dari event Manado Fiesta 2019 pada 27 Agustus 2019. Pada saat ini yang menjadi komandan KRI Dewaruci adalah Mayor Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso.

Sejarah KRI Dewaruci

Kapal berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1953.

Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953. Pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri. KRI Dewaruci juga pernah mengelilingi dunia 2 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *