Singapura Membeli Pasir dari Negara Lain?

oleh -515 views
Singapura Membeli Pasir dari Negara Lain
Singapura Membeli Pasir dari Negara Lain

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahukah kamu jika negara The Lion City atau Singapura membeli pasir dari negara lain? Seperti yang kita ketahui, Singapura merupakan negara yang mempunyai ukuran yang sangat kecil.

Jika kita melihatnya dalam sebuah peta saja, singapura mempunyai luas yang hanya sebesar 719,1 km². Ukuran itu sendiri pun ternyata lebih kecil dari pada New York City yang mempunyai luas mencapai 783,8 km².

Namun karena hal tersebut, Singapura tidak hanya diam. Mereka mengakalinya dengan cara mereklamasi daratan. Rencana untuk mereklamasi daratan pun bukan baru-baru ini.

Singapura sudah melakukan hal tersebut untuk memperluas tanahnya sejak tahun sejak awal abad ke-19 dan semakin intens pada akhir abad ke-20 karena pertumbuhan ekonominya yang melesat.

Ada beberapa cara untuk melakukan reklamasi daratan. Cara paling sederhana adalah mengimpor dan menimbun batuan besar atau semen ke perairan, kemudian menimbun tanah liat sampai ketinggian daratan yang diinginkan pun tercapai. 

Untuk mereklamasinya sendiri, Singapura membeli pasir dari negara lain dan salah satunya adalah pasir dari Indonesia.

Pada tahun 1960, penduduk Singapura hanya sekitar 2 juta orang. Namun pada 2008, penduduk Singapura berlipat ganda menjadi hampir 4,5 juta jiwa. Sejak Singapura merdeka pada tahun 1965, Singapura memperluas daratannya sebesar 22%. Sebagian tanah reklamasi, mereka biarkan kosong untuk cadangannya di masa depan.

Walaupun penduduk Singapura tidak bertambah cepat seperti pada abad ke-20 pertengahan. Orang asing terus untuk berdatangan dan juga mendiami negara tersebut seiring bertumbuhnya ekonomi negara. Karena hal tersebut, pemerintah Singapura akhirnya memutuskan untuk tetap mereklamasi daratannya hingga tahun 2030 mendatang. (fb)

Baca artikel lainnya mengenai Toyota GR Yaris Hadir di Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.