Southern Pacific Cab Forward, Kereta Uap Dengan Posisi Cab yang Unik

oleh -263 views
Source: John Hungerford

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika cab lokomotif bermesin uap pada umumnya terletak di belakang, berbeda dengan lokomotif yang satu ini. Sesuai namanya, Southern Pacific Cab Forward memiliki cab yang terletak di depan. Lantas apa latar belakang di balik desain yang unik tersebut? Berikut ulasannya. (Zhorif)

Source: Etsy

Southern Pacific Cab Forward Class AC-12 adalah kelas lokomotif bermesin uap dengan desain unik. Kelas lokomotif uap ini di bangun oleh Baldwin Locomotive Works sejak 1943. Berbeda dengan lokomotif uap lainnya yang menggunakan batu bara, lokomotif ini menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya yang di salurkan dari tender ke tungku pembakaran.

Baca juga: Union Pacific Big Boy, Kereta Api Uap Terbesar di Dunia

Source: Pinterest

Masalah yang sering di hadapi oleh kereta api uap pegunungan adalah terowongan dan snow shed yang sangat panjang. Ruang sempit dari keduanya dapat menjebak asap panas yang berbahaya dan mengenai cab di belakang lokomotif. Hal tersebut mengurangi visibilitas para masinis, serta beresiko terkena luka bakar dan bahkan asphyxia akibat asap tersebut.

Source: Pinterest

Ide untuk memindahkan cab ke depan di cetuskan oleh salah satu masinis. Ide tersebut terbukti memecahkan masalah yang telah di sebutkan sebelumnya. Sehingga langsung di realisasikan oleh Baldwin Locomotive Works dalam bentuk seri lokomotif uap AC-12. Di bekali mesin yang kuat, Southern Pacific Cab Forward dapat menakhlukan Donner Pass dengan mudah.

Baca juga: Union Pacific, Sejarah Perusahaan Kereta Api yang Membangun Amerika

Source: Reddit (u/mharti_mcdonalds)

Walaupun Southern Pacific Cab Forward hanya bertugas selama satu dekade lebih saja, semuanya terbukti dapat di andalkan dan selalu siap menarik rangkaian yang sangat berat. Sayangnya, hanya 1 dari 256 lokomotif ini yang di museumkan. #4294, Cab Forward terakhir ini sekarang berada di California State Railroad Museum, Sacramento. Dan di beri nama National Historical Mechanical Engineering Landmark.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.