Suka Melamun? Ini Lho 5 Manfaat Melamun!

oleh -124 views
source: alinea.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tentunya tanpa sadar pasti pernah sesekali melakukan aktivitas ini. Melamun adalah suatu aktivitas pikiran saat termenung dan melayang entah kemana. Banyak yang menganggap melamun adalah kegMungkin bagi beberapa orang ini adalah hal aneh, tetapi ternyata ada manfaat dari berbicara dengan diri sendiri lho. Mari kita bahas pembahasan berikut ini. (tika)

1. Mendapat ide baru

Melansir dari idntimes, ada sebuah penelitian dari University of California di Santa Barbara, para siswa yang mendapat kesempatan melamun lebih mampu menghasilkan ide ide yang tidak biasa. Hal ini dikarenakan pada saat kita melamun, pikiran bawah sadar kita dapat memikirkan ide ide kreatif untuk setiap masalah-masalah,

2. Meningkatkan kreativitas

Selain menghasilkan ide-ide baru, sebuah studi lain juga menunjukkan bahwa orang yang melamun juga umumnya lebih kreatif dan terampil saat menghasilkan ide-ide. Biasanya mereka cenderung melamun terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah dan akan menemukan jalan keluar dengan sendirinya.

3. Meningkatkan empati

Menurut sebuah penelitian dari psychological bulletin, seseorang yang melamun cenderung lebih memiliki empati. Melamun juga membantu kamu meningkatkan empati sehingga kamu merenungkan tentang apa yang mungkin terpikirkan oleh orang lain. Kita dapat memposisikan diri pada perasaan orang lain.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat melamun selanjutnya adalah dapat menunrunkan tekanan darah dan stres. Melamun menjadi suatu cara untuk berlatih untuk melakukan aktivitas yang akan datang dengan tujuan kewaspadaan dan kesiapan pada diri. Selain itu, melamun salah satu bentuk hipnosis yang dapat menurunkan tingkat stres serta tekanan darah.

5. Meningkatkan daya ingat

Melamun juga dapat bermanfaat meningkatkan daya ingat. Ada sebuah penelitian dari University of Wisconsin dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences yang menunjukkan bahwa ada korelasi antara melamun dengan memori level tinggi. Peneliti percaya bahwa proses melamun mirip dengan sistem kerja otak.

Nah, itulah 5 manfaat melamun. Ternyata melamun tak sepenuhnya buruk ya. Namun, yang perlu diingat melamun sewajarnya jangan berlebihan. Melamun dalam porsi terlalu banyak dan terlalu sering juga memiliki dampak buruk lho.

Baca juga :

Kebiasaan Ini Memicu Penuaan Dini pada Kulit Lho!

Ternyata Ada Manfaat Menangis Bagi Kesehatan!

Rekomendasi Lip Balm Untuk Bibir Kering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *