Union Pacific Big Boy, Kereta Api Uap Terbesar di Dunia

oleh -418 views
Source: YouTube (MichaelLovesTrains)

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada zaman di mana kereta api bermesin uap masih menjadi penggerak ekonomi, ada 1 seri lokomotif yang langsung menarik perhatian Amerika. Dengan ukurannya yang raksasa dan tenaga yang tidak perlu di tanyakan lagi, Union Pacific Big Boy sejak itu dan sampai sekarang tetap menjadi kereta api uap terbesar di dunia. (Zhorif)

Source: DeviantArt (Daxserv)

Union Pacific Big Boy adalah lokomotif uap terbesar dan bertenaga terkuat di dunia. Lokomotif raksasa yang di produksi sejak 1941 oleh American Locomotive Company atau ALCO ini di rancang ketika teknologi mesin uap berada di puncaknya. Mesin yang luar biasa ini mampu bersaing dengan lokomotif-lokomotif diesel pada saat itu, bahkan terkadang mengalahkannya.

Baca juga: Union Pacific, Sejarah Perusahaan Kereta Api yang Membangun Amerika

Source: Old Machine Press

Pada saat itu, berbagai perusahaan menghadapi masalah yang sama. Bagaimana cara kereta api melewati dataran terjal yang curam? Ketika perusahaan lain menggabungkan sampai 10 lokomotif dalam 1 rangkaian kereta, Union Pacific memiliki solusi berbeda. Yakni memesan lokomotif raksasa yang dapat menarik 1 rangkaian kereta tanpa bantuan lokomotif lain.

Source: RailPictures.Net (Coloradorailphotographer)

Lokomotif milik Union Pacific ini di bangun untuk kekuatan. Lokomotif berjulukan tidak resmi “True King Of The Rails” ini kuat menarik 120 gerbong seberat 3800 ton dalam kecepatan sekitar 64 km/h di pegunungan sekalipun. Dengan panjang 40 meter dan 604 ton, Big Boy dengan konfigurasi axle 4-8-8-4 ini juga turut menyaksikan sejarah Union Pacific yang panjang.

Baca juga: ALFA-X, Purwarupa Shinkansen Tercepat di Jepang

Source: BangShift.com

Lokomotif Big Boy bisa di bilang merupakan bagian dari sejarah Amerika, tentunya juga bagian dari sejarah Union Pacific. Saat ini, hanya ada 7 lokomotif yang di museumkan dari 25 yang di buat. Big Boy mungkin bukan mesin terkuat di dunia. Namun tidak ada lokomotif lain yang menyaingi kombinasi dari kecepatan, kekuatan, dan ketangkasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.