Viral Motor Vario Menabrak Toyota Vios, Mobilnya Ringsek!

oleh -464 views
Foto : Kompas.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Video viral yang menampilkan adu antara motor Vario menabrak Toyota Vios, namun justru mobilnya yang ringsek! Dalam video diunggah akun @indocarstuff, terlihat bagian depan motor, sepatbor dan roda merangsek ke bagian belakang mobil. (jerrell)

Banyak warganet terkesima melihat kondisi motor yang tak terlalu parah dibanding mobil tersebut dan mengakui kekuatan skutik itu. Tak sedikit juga warganet yang mengomentari bodi mobil zaman sekarang kalah kuat dengan mobil keluaran lawas.

Usut punya usut bagian belakang mobil yang terlihat penyok tersebut merupakan sebuah sistem keamanan yang telah dikalkulasi.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkap ada bagian mobil yang khusus dirancang agar menyerap benturan ketika tabrakan terjadi.

Berada pada bagian depan dan belakang mobil karena rawan benturan dan kerap penyok, bagian itu dinamakan zona tumbuk alias crumple zone.

“Di bagian tersebut sebuah bodi mobil didesain dengan sistem keselamatan pengemudi dan penumpang dari risiko fatal,” ujar Didi seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/03/2021).

Zona tumbuk alias crumple zone merupakan bagian yang mudah berubah bentuk dengan mengerucut ketika tabrakan terjadi. Efek tabrakan akan berkurang karena energinya terserap dalam zona tersebut.

“Mengurangi efek tabrakan yang bisa menyebabkan cedera fatal pada penumpang,” lanjutnya.

Didi melanjutkan dengan memberikan cara untuk mengetahui kuat atau tidaknya mobil terhadap benturan. “Dilihat dari struktur rangkanya. Ada dua struktur rangka pada mobil penumpang yaitu sasis dan monokok,” dia menerangkan.

Memiliki fungsi untuk menopang beban kendaraan, kedua struktur rangka tersebut melindungi penumpang dari efek tabrakan.

Meski demikian, ada faktor yang dapat mengacaukan semua itu. “Kecepatan. Jika kecepatan over, mau safety zone sekuat apapun efeknya akan parah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.