Vitamin D Bisa Mengurangi Resiko Terinfeksi COVID-19, Fakta atau Mitos?

oleh -244 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Vitamin D merupakan vitamin yang bermanfaat untuk pembentukan tulang. Namun sejak awal pandemi, banyak pihak yang mengaitkan Vitamin D sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19. Hingga efeknya pada kesehatan kekebalan tubuh. Namun, benarkan vitamin D bisa mengurangi resiko terinfeksi Covid-19, fakta atau mitos? Simak infonya! (jerrell)

Memiliki Beberapa Fungsi

Dilansir Express UK, Rabu (31/3) beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa tingkat vitamin D yang sehat dalam tubuh membantu sistem kekebalan yang sehat dan dapat melindungi dari penyakit pernapasan umum.

Vitamin D secara umum diperlukan untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh, yang merupakan garis pertahanan pertama terhadap infeksi dan penyakit. Ini tergantung pada sifat anti-inflamasi dan imunoregulasi, yang sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan.

Selain itu, kekurangan vitamin D dalam tubuh juga dikaitkan dengan penurunan fungsi organ paru-paru, yang kemudian dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi terkait sistem pernapasan.

Berdasarkan Penelitian

Lantas, apakah mengonsumsi vitamin D dapat mencegah seseorang terinfeksi dan mengurangi keparahan terkait dengan penyakit Covid-19? Berbagai penelitian telah mengungkap bahwa suplemen vitamin D dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Suplementasi vitamin D juga telah terbukti mengurangi kematian pada orang dewasa yang lebih tua, yang paling berisiko terkena penyakit pernapasan seperti virus corona. Meskipun penelitian masih berlangsung, penting dicatat bahwa mengonsumsi vitamin D saja tidak dapat melindungi orang dari penyakit Covid-19 sepenuhnya.

Namun demikian, kekurangan vitamin tersebut dapat meningkatkan kerentanan seseorang terhadap infeksi dan penyakit secara keseluruhan dengan merusak fungsi kekebalan. Hal-hal seperti ini memang selalu bervariasi berdasarkan kasus per kasus, tapi penelitian menunjukkan banyak vitamin D dapat bermanfaat.

Namun, peneliti masih belum tahu pasti apakah mengonsumsi suplemen Vitamin D Bisa Mengurangi Resiko Terinfeksi COVID-19 merupakan Fakta atau Mitos?. Jika Anda mempertimbangkan apakah perlu konsumsi vitamin D, sangat bijak bila hal tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan ahli dan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *