5 Makanan Khas Semarang yang Cocok Untuk Berbuka Selain Gorengan

oleh -248 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kota Semarang terkenal dengan aneka kulinernya. Beberapa di antaranya cocok dijadikan sebagai menu untuk buka puasa yang lebih sehat, karena tidak mengandung banyak minyak. Berikut 5 Makanan Khas Semarang yang Cocok Untuk Berbuka Selain Gorengan. (safna)

1. Mie Kopyok

Bukan Gorengan, 5 Makanan Khas Semarang Ini Cocok untuk Buka PuasaMie Kopyok (dok.pribadi/FadhilaLuqyana)

Salah satu kuliner khas kota Semarang ini, cocok untuk jadi menu buka puasamu. Mi kopyok merupakan makanan berkuah khas kota Semarang berupa olahan mi kuning yang dipadukan dengan lontong, tahu, tauge, dan dilengkapi dengan kerupuk gendar. 

Makanan ini bisa jadi referensi bagi kamu yang tidak terbiasa makan nasi saat buka puasa. Selain berkuah, mi kopyok juga punya cita rasa yang manis sehingga cocok untuk disantap saat buka puasa. 

2. Wedang tahu

Bukan Gorengan, 5 Makanan Khas Semarang Ini Cocok untuk Buka Puasainstagram.com/eatenbydep

Wedang tahu atau biasa disebut dengan kembang tahu, merupakan hidangan  tradisional yang terbuat dari sari kedelai dan agar-agar, kemudian dipadukan dengan kuah jahe yang hangat. 

Buat yang tidak suka makan gorengan saat buka puasa, olahan tahu yang satu ini bisa jadi referensi menu buka puasamu. Selain menghangatkan, hidangan ini juga punya porsi yang pas untuk buka puasa dan gak bikin kamu terlalu kekenyangan. 

3. Nasi Ayam

Bukan Gorengan, 5 Makanan Khas Semarang Ini Cocok untuk Buka PuasaNasi ayam Bu Nyoto (instagram.com/maya_lestari88)

Menu yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai menu sahur maupun menu buka puasa. Buat yang bosan dengan menu ayam goreng, menu yang satu ini bisa jadi solusinya. Nasi ayam khas Semarang terdiri atas beberapa komponen yaitu nasi, sayur, ayam, yang kemudian disiram dengan kuah yang kental. Rasanya dijamin bikin ketagihan!

4. Lumpia basah 

Bukan Gorengan, 5 Makanan Khas Semarang Ini Cocok untuk Buka PuasaLumpia basah (instagram.com/fransisca_sugeng?)

Makanan khas kota Semarang yang populer di masyarakat Indonesia, salah satunya adalah lumpia khas Semarang. Perbedaan lumpia Semarang dengan lumpia lain adalah, isiannya yang menggunakan rebung. 

Selain lumpia goreng, ada juga lumpia basah yang bisa kamu jadikan sebagai menu buka puasa. Lumpia basah cenderung lebih sedikit menggunakan minyak dibandingkan dengan lumpia goreng, sehingga pas untuk yang kurang suka dengan gorengan.

5. Pisang Plenet

Bukan Gorengan, 5 Makanan Khas Semarang Ini Cocok untuk Buka Puasa

instagram.com/semarangfoodmatters

Makanan ini merupakan jajanan berupa pisang yang dipiphkan, kemudian dibakar lalu diberi topping seperti meses atau cokelat. Pisang plenet ini termasuk cara lain makan pisang selain digoreng. Tentunya makanan ini cocok dijadikan sebagai makanan pembuka untuk buka puasa, karena rasanya yang manis dan gurih. 

Itu dia lima kuliner khas kota Semarang yang bisa jadi referensi menu buka puasamu. Makanan-makanan tersebut tidak kalah nikmat dengan makanan yang digoreng. Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *