5 Makanan Tinggi Kalsium untuk Memperkuat Tulang

oleh -50 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kalsium dan vitamin D adalah dua mineral penting bagi tubuh. Keduanya membantu mendapatkan energi agar tubuh berfungsi dengan baik. Mineral ini juga membuat tulang lebih kuat. Ada perlunya kita mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium. (cva)

Melansir WebMD, Ahli gizi dari Ochsner Medical Institution di Amerika Serikat (AS), Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, bahkan mengungkap kalsium juga bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan.

Manfaat Kalsium

Kalsium berperan dalam menjaga atau memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang biasa kita sebut osteoporosis.

Namun demikian, kalsium juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lain yang tak bisa diabaikan.

Manfaat kalsium selain untuk tulang dan gigi, di antaranya yakni:

  • Mengatur kontraksi otot
  • Berperan penting dalam proses pembekuan darah
  • Mencegah kanker usus besar
  • Membantu perkembangan janin di dalam kandungan

Berikut 5 makanan tinggi kalsium yang bisa membantu memperkuat tulang, seperti dilansir Pink Villa (11/04/21)

1. Keju

Terbuat dari susu sapi atau kerbau, keju merupakan sumber kalsium yang baik untuk tubuh.

Keju parmesan adalah jenis keju yang mengandung kalsium paling tinggi. Dalam 28 gram keju parmesan bisa mengandung 331 mg kalsium atau sanggup mencukupi kebutuhan kalsium harian hingga 33 persen.

Keju merupakan makanan dengan rendah laktosa, sehingga membuat kita lebih mudah dalam mencerna, terutama orang yang intoleransi laktosa. Namun, konsumsi keju ini tetap harus dibatasi. Keju pasalnya cenderung mengandung banyak lemak dan kalori. Kebanyakan keju juga mengandung banyak natrium, yang beberapa orang sensitif.

2. Yogurt

Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik. Banyak jenis yogurt juga kaya bakteri probiotik hidup, yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Satu cangkir (245 gram) yogurt tawar sendiri bisa mengandung 30 persen kebutuhan kalsium harian, serta fosfor, kalium dan vitamin B2 dan B12.

Sebuah studi mengungkap, orang yang makan yogurt bahkan memiliki risiko penyakit metabolik yang lebih rendah, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

3. Sarden dan Salmon

Sarden dan salmon kalengan sarat dengan kalsium. Dalam satu kaleng atau 3,75 ons (92 gram), makanan ini sanggup mencukupi kebutuhan kalsium harian hingga 35%. Sementara, dalam 3 ons (85 gram), salmon kalengan dengan tulang bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian hingga 21 persen. 

Ikan berminyak ini juga menyediakan protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung, otak, dan kulit. Selain itu, baik sarden dan salmon memiliki kadar selenium yang tinggi, mineral yang dapat mencegah dan membalikkan toksisitas merkuri.

4. Almond

Dari semua kacang-kacangan, almond termasuk yang tertinggi kalsium.

Dalam atu ons atau sekitar 22 butir, almond bisa menghasilkan 8 persen kebutuhan kalsium harian.Almond juga menyediakan 3 gram serat per ons (28 gram), serta lemak dan protein sehat. Selain itu, almond adalah sumber magnesium, mangan, dan vitamin E.

Berdasarkan laporan, mengonsumsi kacang ini juga bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah, lemak tubuh, dan faktor risiko lain untuk penyakit metabolik.

5. Susu

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik dan termurah.

Satu cangkir (237 ml) susu sapi bisa mengandung 276-352 mg kalsium. Besaran kalsium yang terkandung dalam susu tersebut tergantung apakah itu susu murni atau tanpa lemak. Kalsium dalam susu juga termasuk yang mudah diserap dengan baik.

Selain itu, susu adalah sumber protein, vitamin A, dan vitamin D. Susu kambing adalah sumber kalsium lain yang sangat baik. Susu kambing bisa menyediakan 327 mg kalsium per cangkir (37 ml).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *