6 Ilmuwan Muslim yang Ubah Wajah Part II

oleh -224 views
Ilmuwan Muslim yang Ubah Wajah Dunia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Jika kita membicarakan soal penemuan, para ilmuan muslim sangat berkontribus besar dalam kemajuan peradaban. Bahkan, ratusan tahun sebelum orang-orang Eropa berhasil menemukan penemuan, para ilmuan muslim telah lebih dulu membuat berbagai penemuan. Namun apakah kamu mengetahui siapa saja ilmuwan muslim yang ubah wajah dunia?

So, kali ini mimin akan merangkumnya dalam lmuwan muslim yang ubah wajah dunia. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

Al Zahrawi

Al Zahrawi Bapak Ilmu Bedah Modern - Ramadan Tempo.co
Source by Tempo.co

Selain Ibnu Sina, Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbas az-Zahrawi berkontribusi besar dalam bidang kedokteran. Pasalnya, semasa hidupnya Al Zahrawi memperkenalkan kepada dunia mengenai praktik operasi modern.

Penemuannya tersebut sangat berpengaruh besar untuk membantu proses pembedahan dan juga persalinan. Selain itu, ia juga memperkenalkan penggunaan benang untuk menutup luka dan juga penggunaan gigi tiruan.

Al Khawarizmi

Al Khawarizmi, Ahli Matematika Muslim Penemu Metode Aljabar : Okezone Muslim
Source by Okezone Muslim

Ilmuwan muslim yang ubah wajah dunia selanjutnya ada Al Khawarizmi. Jika kamu yang belum mengetahui siapa Al Khawarizmi, ia merupakan seorang ahli matematikan yang terkenal karena menemukan sistem penomoran dan juga menemukan algoritma.

Bahkan, seorang Mark Zukerberg yang merupakan pendiri dari situs jejaring sosial media Facebook mengidolakan sosok ‘bapak Algoritma dan Aljabar’ ini. Selain matematikan, Al Khawarizmi pun merupakan seorang ahli astronomi, astrologi, dan juga geografi.

Abbas Ibn Firnas

Abbas Ibn Firnas: Muslim yang Jadi Penerbang Pertama Dunia
Source by IDN Times

Tidak sedikit orang pastinya akan menyebutkan Wright Bersaudara lah yang merupakan penemu pesawat terbang sekaligus manusia pertama yang berhasil terbang. Namun faktanya adalah, Abbas Ibn Firnas yang merupakan manusia pertama yang berhasil terbang.

Pada tahun 9 Masehi, Abbas Ibn Firnas sudah berhasil mendesain alat yang memiliki sayap, mirip seperti kostum burung. Alat tersebut ia buat dengan perhitungan dan penelitian yang sangat rumit.

Pada awal percobaannya ia berhasil terbang cukup jauh dan kemudian ia pun terjatuh. dan mematahkan tulang belakangnya. Setelah itu, ia pun menginspirasi para ilmuwan barat untuk mengembangkan pesawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.