6 Ilmuwan Muslim yang Ubah Wajah Dunia Part I

oleh -262 views
Ilmuwan Muslim yang Ubah Wajah Dunia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Jika kita membicarakan soal penemuan, para ilmuan muslim sangat berkontribus besar dalam kemajuan peradaban. Bahkan, ratusan tahun sebelum orang-orang Eropa berhasil menemukan penemuan, para ilmuan muslim telah lebih dulu membuat berbagai penemuan. Namun apakah kamu mengetahui siapa saja ilmuwan muslim yang ubah wajah dunia?

So, kali ini mimin akan merangkumnya dalam lmuwan muslim yang ubah wajah dunia. (fb)

Baca juga: Xenodermus Javanicus, Naga Penghuni Pulau Jawa

Al Farabi

Al-Farabi: Ilmuwan dan Filsuf Islam Terkemuka
Source by Blog Anak Saleh

Ilmuwan muslim yang ubah wajah dunia yang pertama ada Al Farabi. Ilmuan muslim satu ini pastinya sudah banyak sekali orang kenal. Bagimana tidak, selama masa hidupnya Abū Nasir Muhammad bin al-Farakh al-Fārāb terus menggali ilmu dengan belajar.

Selain itu, selama masa hidupnya Al Farabi pun banyak sekali menghasilkan sebuah karya. Mulai dari ilmu logika, matematika, alam, teologi, politik, kenegaraan, dan bunga rampai. Dari semua karyanya, Al-Madinah Al-Fadhilah lah yang paling terkenal.

Al Battani

Al Battani Seorang Astronom dan Matematikawan dari Arab
Source by Antoncabon

Selanjutnya ada Abū ʿAbdullāh Muḥammad ibn Jābir ibn Sinān ar-Raqqī al-Ḥarrani aṣ-Ṣabiʾ al-Battānī yang merupakan matematikawan dan juga ahli astronomi dari Arab.

Penemuan dari Al Battani sangatlah berpengaruh dalam kehidupan di dunia hingga saat ini. Pasalnya, karena pencapaiannya dalam bidang astronomi dunia mengetahui bahwa Tahun Matahari sebagai 365 hari, lima jam, 46 menit, dan 24 detik. Selain itu, Al Battani pun berkontribusi dalam bidang matematika yaknin trigonometri.

Ibnu Sina

5 Fakta Ibnu Sina, Polimatika Berpengaruh di Zaman Keemasan Islam
Source by IDN Times

Sepertinya kita haru berterimakasih dengan sosok ilmuan muslim satu ini. Pasalnya, karyanya tersebut sangat lah berpengaruh hingga saat ini. Bagaimana tidak, sebagian besar karyanya bergelut dalam bidang kedokteran. Bahkan, tidak sedikir orang menyebutnya sebagai ‘Bapak Kedokteran Modern’.

Karyanya yang sangat terkenal adalah The Canon of Medicine yang berisi tentang rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad dan juga The Book of Healing yang berisi tentang metode penyembuhan.

Baca part selanjutnya di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.