7 Makanan yang Meringankan Peradangan Reumatoid Arthritis

oleh -253 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Reumatoid arthritis (RA) termasuk penyakit autoimun, yang hingga saat ini belum bisa disembuhkan dan dapat mengurangi harapan hidup seseorang.  Ketika RA kambuh, penderitanya akan sangat tersiksa. Mereka perlu minum obat dan ini akan terus berulang seumur hidup. Berikut inilah 7 Makanan yang Meringankan Peradangan Reumatoid Arthritis. (jerrell)

1. Minyak Zaitun 

Para ilmuwan tertarik dengan manfaat antiradang minyak zaitun karena nampaknya orang-orang yang menerapkan pola makan ala Mediterania memiliki risiko lebih rendah mengalami gangguan kesehatan terkait peradangan seperti nyeri sendi dan diabetes. 

Minyak zaitun murni diketahui mengandung senyawa ibuprofen. Ibuprofen biasa digunakan sebagai obat antinyeri dan antiradang. 

2. Sitrus 

Buah-buahan kelompok sitrus seperti jeruk, jeruk keprok, dan lemon, sarat dengan kandungan vitamin C, komponen makanan yang diperlukan untuk sintesis kolagen, yang membantu membangun dan memperbaiki pembuluh darah, tendon, ligamen, dan tulang. 

Karena itu, kelompok sitrus ini dapat membantu  orang dengan RA, kata Sandon. Buah jeruk juga merupakan sumber antioksidan yang baik. 

Seperti kita tahu, antioksidan adalah senyawa yang ampuh untuk melawan peradangan. 

Total asupan vitamin C yang dianjurkan adalah75 mg perhari untuk wanita dewasa, dan 90 mg perhari untuk pria dewasa, saat Rekomendasi US uang saku 

3. Beri 

Sandon menyarankan agar Anda memasukkan satu porsi atau lebih kelompok buah beri segar atau beku (blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, atau huckleberries) ke dalam menu harian Anda. 

Kelompok buah beri padat akan senyawa antioksidan seperti proanthocyanidin dan asam elagik, yang mampu melawan peradangan dan kerusakan sel. 

4. Ceri 

Sebuah studi oleh para peneliti dari Michigan State University menemukan bahwa ceri tart adalah sumber anthocyanin yang baik. Anthocyanin memiliki efek anti-inflamasi yang lebih kuat dari aspirin. 

Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan berapa banyak efek samping, yang bisa ditimbulkan senyawa ini jika dijadikan sebagai penghias atau campuran kue tart. 

Tapi Sandong mengatakan, sejauh ini tidak terdengar ada efek berbahaya mengonsumsi ceri bersama kue tart selama Anda membatasi jumlah kue tart yang Anda makan. 

5. Wortel 

Tambahkan wortel, labu, dan ubi jalar ke daftar belanja Anda, juga, saran Sandon. Wortel dan sayuran serta buah berwarna oranye kaya akan vitamin A dan beta-karoten, yang keduanya diyakini ampuh melawan peradangan. 

Jika dimasak, kadar senyawa ini akan meningkat. Untuk manfaat terbesar, konsumsi sayuran ini secara teratur tidak berlebihan yaitu maksimal satu wortel ukuran besar atau tujuh baby carrot. 

6. Biji-bijian 

Banyak manfaat kesehatan dari biji-bijian. Diet yang kaya biji-bijian juga telah dikaitkan dengan pengendalian berat badan yang lebih baik, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gejala RA. 

Jadi beralihlah dari roti putih ke roti 100% gandum. Atau santap semangkuk oatmeal untuk sarapan. 

7. Jahe 

Seperti bawang, jahe mengandung senyawa yang berfungsi sebagai obat anti-inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen. Akar serbaguna ini juga bisa dipakai untuk menambah rasa. 

Tambahkan jahe kupas segar untuk tumisan, atau santap acar jahe bersama dengan sushi, atau haluskan beberapa jahe dan campur dengan air panas sebagai minuman sehat. 

Tapi hati-hati, terlalu banyak jahe dapat menyebabkan pengenceran darah, yang bisa berbahaya jika Anda sedang meminum  obat-obatan tertentu. Jadi batasi konsumsi jahe seperlunya saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *