7 Tips yang Bisa Kamu Ikuti Dalam Memilih Jurusan Kuliah

oleh -272 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Perihal memilih jurusan kuliah memang terasa menyulitkan bagi sebagian orang. Apalagi dalam melanjutkan kuliah yang sesuai dengan jurusan IPA atau IPS atau pun harus memilih lintas jurusan. Dikutip dari laman resmi Teknik UNPAS (Universitas Pasundan), berikut 7 tips yang bisa kamu ikuti dalam memilih jurusan kuliah. (jerrell)

1. Pahami Potensi Diri

Sebelum memilih jurusan tertentu dan berjuang lebih lanjut, sebelumnya kamu harus kenali potensi diri. Contohnya, jika kamu memiliki potensi di bidang sains dan matematika, pilih jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih dulu.

Misal jurusan statistika atau pendidikan dokter. Begitu pun sebaliknya. Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah mengambil jurusan dari IPA dan IPS. Namun, lebih baik lagi jika jurusan yang diambil berdasar pada kemampuan diri sendiri.

2. Kenali Passion yang Dimiliki

Selain kemampuan diri pada bidang tertentu, passion (minat) kamu juga patut dipertimbangkan. Misalnya, minat dan keinginan berada di jurusan bahasa karena menyukai sastra.

Bisa saja kamu memilih jurusan di luar dari minatmu. Namun perlu diingat, jika kamu memilih jurusan yang disuka maka kamu tidak akan merasa keberatan dalam menjalani kuliah ke depannya.

3. Biaya Kuliah yang Dibutuhkan

Biaya kuliah yang dibutuhkan tiap jurusan berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah.

Lebih baik lagi, kamu bisa diskusikan hal ini dengan orang tuamu agar dapat menentukan yang terbaik. Jika memang masih belum ada jalan keluar, kamu juga bisa mengusahakan beasiswa dari kampus saat kuliah nanti.

4. Peluang Pekerjaan di Masa Depan

Semua jurusan kuliah punya peluang pekerjaannya masing-masing, seperti jurusan keperawatan, peluang pekerjaan bisa ditempatkan di rumah sakit atau klinik.

Ada baiknya, kamu mencari informasi soal alumni-alumni dari jurusan yang kamu minati dan cek bidang pekerjaan apa yang ditekuni oleh mereka.

5. Lakukan Riset Mendalam

Riset dilakukan mulai dari untuk mencari tahu lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah per semester, hingga profil dari jurusan. Kegiatan ini akan membuat kamu semakin yakin apakah akan mengambil jurusan tersebut atau tidak.

Buat daftar beberapa jurusan kuliah sesuai dengan bidang yang kamu kuasai dan minati. Lalu, bandingkan satu demi satu jurusan itu untuk dikerucutkan menjadi 2-3 jurusan terbaik yang akan kamu pilih nantinya.

6. Tidak Ikut Teman

Poin penting lainnya adalah tidak ikut teman apa pun alasannya. Mungkin kamu diminta olehh teman atau mungkin kekasih untuk mengambil jurusan kuliah yang sama, lebih baik jangan dituruti.

Kamu sudah harus fokus pada dirimu sendiri dan juga kemampuanmu sendiri. Jangan memaksakan hal yang tidak kamu sukai. Mungkin akan beda cerita jika kamu dan temanmu memiliki minat di bidang yang sama, itu tidak masalah.

7. Lakukan Konsultasi dengan Orang yang Lebih Ahli

Terakhir, jika kamu telah melakukan semua poin di atas dan belum menemukan jawaban, kamu bisa lakukan konsultasi. Konsultasi ini dilakukan dengan guru, orang tua, kakak tingkat, atau siapa saja yang lebih ahli dalam bidang ini.

Sebelum tes masuk perguruan tinggi, usahakan memiliki jurusan yang akan dituju. Jangan asal memilih, jika kamu terlanjur masuk dan tidak menikmatinya, peluang kuliah cepat lulus akan rendah.

Nah, itu tadi 7 Tips yang Bisa Kamu Ikuti Dalam Memilih Jurusan Kuliah berbasis IPA atau IPS. Semoga bermanfaat ya, Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.