8 Penyandang Disabilitas Ikuti Tes UTBK di UNY

oleh -57 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selama pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), tak hanya calon mahasiswa reguler saja yang mengikuti tes. Calon mahasiswa berkebutuhan khusus (disabilitas) pun tetap bersemangat mengikuti tes di sejumlah pusat UTBK. (cva)

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UTBK gelombang 1 sudah terlaksana sejak 12 April hingga 18 April 2021 mendatang.

Bagi peserta berkebutuhan khusus yang mengikuti tes di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menempati Ruang Digital Library, di lantai 3.

Ruangan ini digunakan peserta UTBK penyandang disabilitas tuna netra. Ketua KLA PMB UNY Setya Raharja mengatakan, dengan bimbingan panitia, satu per satu peserta UTBK penyandang tuna netra memasuki Gedung Digital Library UPT Perpustakaan untuk mengikuti ujian pada sesi 7.

UNY fasilitasi peserta UTBK difabel

Keterbatasan bukanlah menjadi halangan seseorang untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Walau terbatas dalam penglihatan, peserta UTBK penyandang tuna netra yakin bisa mewujudkan impiannya menempuh pendidikan di jenjang sarjana.

“Terdapat 5 peserta tuna netra yang mengikuti UTBK di UNY. Hal ini karena UNY merupakan salah satu Pusat UTBK yang memiliki sarana dan kemampuan pendampingan, sehingga dapat menyelenggarakan ujian dengan baik,” kata Setya Raharja dalam keterangan tertulis yang terdapat pada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Setya menerangkan, UNY menjadi kampus yang humanis, peserta difabel pasti dilayani dengan baik.

Hal ini sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan yaitu pendidikan terselenggara secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif.

Sarana lengkap bagi peserta disabilitas

Koordinator TIK UTBK UNY, Restu Widiatmono menambahkan, bagi difabel tuna netra selain jaringan dan perangkat komputer yang memenuhi persyaratan, tentunya memerlukan pendamping khusus.

Pusat UTBK UNY juga mempersiapkan sarana lain seperti perangkat alat bantu pengisian jawaban. Yaitu, perangkat Riglet dan lembar Braille, serta software khusus berlisensi pembaca tampilan layar monitor yaitu Non Visual Desktop Access (NVDA).

Pada sesi 8, bertempat di LIMUNY ada juga peserta UTBK berkebutuhan khusus yang mengikuti UTBK. Terdapat 3 peserta difabel tuna daksa juga mengikuti UTBK 2021 di UNY.

Para petugas membantu para peserta UTBK mulai dari memasuki halaman gedung hingga menuju tempat ujian. Ruang untuk ujian juga menyesuaikan kondisi peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *