,

Apakah Buka Bersama Tahun 2021 diperbolehkan?

oleh -277 views
apakah buka bersama tahun 2021 diperbolehkan

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, buka bersama merupakan sebuah kegiatan yang sangat identik dalam di setiap bulan ramadhan. Seperti yang kita ketahui juga, tahun ini merupakan tahun kedua kita menjalankan bulan puasa di masa pandemi. Tidak sedikit orang pastinya bertanya, apakah buka bersama tahun 2021 diperbolehkan?

Nah untuk menjawab pertanyaanmu, kali ini mimin akan memberikan informasi mengenai apakah buka bersama tahun 2021 diperbolehkan?

Baca juga: Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terpendek dan Terpanjang di Dunia

Mengutip dari surat edaran Kementrian Agama Republik Indonesia, Kemenag mengizinkan pelaksanaan buka bersama pada tahun 2021. Namun, ketika pelaksanaan buka bersama tersebut ada beberapa catatan yang perlu masyarakat pahami.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021, tentang Perubahan atas SE Nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah pada Ramadhan dan Idul Fitri 1422 Hijriah.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Fuad Nasar mengatakan bahwa pelaksanaan buka bersama dapat dilakukan jika daerah tersebut sudah termasuk kedalam zona aman yakni zona hijau ataupun kuning.

Selain itu, Fuad Nasar pun mengatakan bahwa pelaksanaan buka bersama harus mematuhi jumlah kehadiran yakni sebanyak 50 persen dari kapasitas maksimum ruangan dan juga menghindari kerumunan.

Namun walaupun begitu, aturan secara umum menganjurkan bahwa kegiatan buka puasa lebih baik dilakukan di rumah.

Baca juga: Makanan yang Perlu Kamu Hindari saat Berbuka Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.