Asal Usul Bendera Putih dalam Perang

oleh -769 views
Asal Usul Bendera Putih

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tidak sedikit orang pastinya sudah tidang asing dengan sebuah benda yang sangat identik dalam sebuah peperangan. Yups, bendera putih merupakan sebuah simbol internasional yang mempunyai arti penyerahan. Namun di balik itu, apakah kamu mengetahui asal usul bendera putih?

Nah, agar kamu mengetahuinya, kali ini mimin akan membahas mengenai asal usul bendera putih dalam perang.

Pada dasaranya asal usul penggunaan bendera tersebur masih belum jelas hingga sekarang. Namun, para sejarawan berpendapat bahwa ada beberapa alasan mengenai kemunculan bendera tersebut.

Kemunculan paling awal mengenai bendera putih yakni pada masa DInasti Han tepatnya pada abad ke-1 Masehi ketika para orang Tiongkok memperkenalkan bendera putih saat perang.

Para sejarawan percaua bahwa warna putih adalah warna yang mudah untuk orang kenali saat masa peperangan. Pasa masa itu pun kain putih merupakan kain yang sering orang gunakan dan sangat mudah untuk didapat.

Alasan lain yang para sejarwan percaya adalah dalam kebudayaan Tiongkok, warna putih merupakan lambang dari rasa duka dan juga kematian. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa mereka menggunakan bendera putih sebagai tanda bahwa mereksa sedang berduka atas kekalahannya.

Seiring berkembangnya zaman, bendera putih pun menjadi sebuah tanda untuk bernegosiasi terhadap lawan. Sebagai contoh para utusan perang dan juga petugas kesehatan menggunakan bendera putih. Sehingga menurut peraturan perang, orang-orang yang mengibarkan bendera putih dilarang untuk dibunuh. 

Beberapa abad setelahnya pun, bendera putih menjadi sebuah tanda yang sudah banyak orang setujui melalui Konvensi Jenewa. Selain itu, bendera putih pun menjadi sebuah simbol yang berfungsi sebagai perlindung bagi si pembanya agar terhindar dari serangan.

Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, bendera putih tidak hanya menjadi sebuah simbol internasional sebagai penyerahan, tetapi juga menyampaikan makna gencatan senjata dan negosiasi.

Baca juga: Berikut Alasan Mengapa Orang Emosi Ketika Lapar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.