Baca Ribuan Novel Gratis di GWP!

oleh -258 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Membaca novel adalah salah satu hobi yang kerap dimiliki orang Indonesia. Cerita yang menarik memang selalu seru untuk dibaca saat waktu luang. Kegiatan ini juga menjadi relaksasi tersendiri di tengah kesibukan sehari-hari. (cva)

Novel merupakan kisah fiksi atau karangan yang menceritakan kehidupan seseorang di dalam ruang dan waktu. Cerita novel bisa terinspirasi dari kisah nyata maupun dari imajinasi sang penulis. Karena berupa karangan, tidak heran kalau banyak cerita novel yang imajinatif dan bahkan tidak masuk akal.

Selain novel dengan cerita fiksi, ada juga cerita nonfiksi atau cerita dari kisah nyata. Cerita nonfiksi juga tidak kalah menarik dan kaya manfaat. Buku-buku biografi orang-orang sukses bahkan bisa menginspirasi pembacanya untuk bisa menjadi sukses juga.

Manfaat Membaca Novel

Apakah membaca novel hanya untuk mengisi waktu luang? Ternyata, membaca novel juga memiliki beberapa manfaat bagi pembacanya:

1. Meningkatkan kreativitas dan membuka pikiran
source by : ditaktikaunj.com

Dengan membaca beragam jenis cerita, kemampuan berimajinasi pembaca akan meningkat yang juga akan membantu meningkatkan kreativitas. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa memiliki pemikiran serta pandangan yang terbuka.

2. Melatih empati dan emosi
source by : berkeluarga.id


Cerita dengan detail perasaan tokoh yang kuat bisa memainkan emosi pembaca. Pembaca jadi berempati dengan tokoh tersebut dan mencoba mengerti keadaan tokoh melalui kisahnya. Dengan begitu, empati pembaca akan terlatih dan hal ini bisa tergambarkan dalam kehidupan nyata.

Dua peneliti dari Washington University mengamati otak dari pembaca-pembaca cerita fiksi dan menemukan adanya simulasi mental grafis yang intens dari pemandangan, suara, gerakan, dan rasa yang mereka temui dalam narasi. Otak mereka bereaksi seolah-olah mereka benar-benar menjalani peristiwa yang mereka baca.

3. Memperbaiki hubungan dengan orang lain
source by : palu.tribunnews.com


Menurut Kidd & Castano (2013), membaca cerita fiksi membantu pembacanya untuk bisa mengerti kondisi mental seseorang, sebuah kemampuan krusial dalam hubungan dengan orang lain.

Selain itu, Keith Oatley, profesor cognitive psychology dari Univesity of Toronto, mengatakan cerita fiksi adalah simulasi kehidupan yang membantu untuk mengerti kompleksitas hidup dan bagaimana cara menghadapinya.

4. Meningkatkan kemampuan ingatan dan memperkaya kosakata
source by : wowkeren.com


Sebuah penelitian yang dilakukan testvocab.com menunjukkan bahwa pembaca cerita fiksi mengalami peningkatan kosakata yang lebih tinggi daripada pembaca nonfiksi.

Selain itu, penelitian dari American Academy of Neurology membuktikan bahwa mereka yang suka membaca mengalami penurunan ingatan yang lebih rendah saat di usia senja daripada mereka yang tidak suka membaca.

5. Membantu mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidur
source by : cosmopolitan.co.id


Membaca bisa membawa otak kita dalam keadaan yang trans yang menyenangkan, mirip dengan meditasi (The New Yorker). Hal ini memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan relaksasi mendalam dan ketenangan batin.

Orang yang membaca secara reguler tidur lebih nyenyak, memiliki tingkat stres yang lebih rendah, memiliki kepercayaan diri tinggi, serta tingkat depresi yang lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki kebiasaan membaca.

Gramedia Writing Project (GWP)

Sekarang, kamu bisa mengakses dan membaca ribuan cerita gratis, lho! Caranya gampang, kamu tinggal masuk ke situs Gramedia Writing Project (GWP) disini dan daftarkan data dirimu untuk membuat akun baru. Setelah itu, kamu masuk dengan username atau e-mail dan kata sandi yang telah kamu buat.

Kamu akan masuk ke beranda dan menemukan ribuan cerita fiksi dan nonfiksi dengan puluhan genre berbeda, mulai dari romantis, fantasi, hingga thriller/misteri. Mudah, kan?

Selain membaca karya orang lain, kamu juga bisa mempublikasikan naskahmu, lho! Ada lebih dari 35 ribu anggota yang sudah bergabung dan bisa membaca karyamu.

Nah, buat sobat Zetizen, yuk membaca dan berkarya bersama Gramedia Writing Project!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *