Berikut Alasan Mengapa Orang Emosi Ketika Lapar

oleh -201 views
Orang Emosi Ketika Lapar

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pastinya kamu pernah bukan, merasakan ataupun melihat orang yang secara tiba-tiba emosi ketika sedang lapar? Kemudian pastinya juga sebuah pertanyaan sempat terlintas di kepalamu mengenai “mengapa orang emosi ketika lapar?”

Nah ternyata hal tersebut merupakan sebuah fenomena yang cukup umum lho sob. Fenomena ini pun ternyata mempunyai sebuah nama yakni “hangry” yang merupakan gabungan dari “hungry” dan “angry”. Banyak para ahli juga yang mengatakan bahwa kondisi lapar dan juga rasa marah sangat berkaitan. Lantas mengapa orang emosi ketika lapar?

Penyebab

Nah ternyata jawaban dari pertanyaan tersebut sangat simple lho sob. Seorang pakar perilaku nafsu makan dan juga seorang profesor psikologi Red College, Paul Curri mengatakan bahwa rasa lapar dapat mengubah seseorang menjadi sangat emosional.

Ini karena rasa lapar dapat menimbulkan stres, kecemasan dan juga kegelisahan yang dapat berujung kepada rasa amarah yang memuncak. Pasalnya, otak akan mendapatkan sebuah sinyal yang mengatakan bahwa kita sedang merasa kelaparan yang kemudian akan merangsang pelepasan hormon adrenalin kortisol. Karenanya, kamu akan sulit untuk mengendalikan emosi ketika sedang kelaparan.

Selain itu, rasa lapar juga menjadi sebuah tanda bahwa tubuh kita sedang kekurangan glukosa dan juga nutrisi yang menyebabkan kita harus segera untuk mengkonsumsi sesuatu. Karena hal tersebut, kemampuan otak akan menurun dan menjadikan kita sangat sulit untuk mengendalikan emosi ketika lapar.

Sebuah studi dari Universitas Ohio pun mengatakan bahwa semakin rendahnya kadar gula dalam tubuh kita menyebabkan seseorang akan semakin mudah marah.

Cara Mencegahnya

Pada dasarnya untuk mencegah fenomena ini adalah dengan kamu segera makan. Namun yang perlu kamu ingat adalah kamu harus mengetahui apa yang harus kamu makan.

Cobalah untuk memakan makanan yang akan kaya nutri bukan sebuah junk food. Pasalnya, junk food hanya akan membuatmu merasa lapar kembali karena kandungan glukosa yang tinggi yang membuat makanan tersebut dicerna dengan cepat.

Kamu dapat membawa cemilan sehat seperti cookies, cokelat hitam, kacang-kacangan, yogurt, buah, dan sayuran. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang akan membuatmu kenyang cukup lama. Contohnya adalah makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Saat kamu lapar di tengah-tengah aktivitas, cobalah untuk berhenti sejenak dan mengkonsumsi sesuatu. Hal tersebut berguna agar kamu tidak semakin stress dan juga emosional saat mengerjakan sesuatu.

Baca artikel lainnnya

Fakta Unik Kambing Gunung, Ternyata Bukan Kambing!

Daftar Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.