Brigid, Dewi Kaum Celtic yang Cantik

oleh -114 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Brigid, atau “The Exalted One”, adalah dewi musim semi, kesuburan, dan kehidupan Irlandia. Ia dipuja oleh para penyair, dan merupakan dewi kesehatan dan pandai besi. Hari peringatannya, Imbolc, mereka peringati pada tanggal 1 Februari dan menandai titik tengah musim dingin. (cva)

Sebagai anggota Tuatha Dé Danann, Brigid adalah istri Raja Bres dan ibu dari Ruadán. Dia memiliki banyak kesamaan dengan St. Brigid of Kildare, santa pelindung Irlandia.

Etimologi Brigid

Namanya berasal dari kata Proto-Celtic Briganti, yang berarti “Yang Tinggi” atau “Yang Mulia”. Brigid adalah asal dari nama populer Bridget. Nama tersebut kemungkinan besar mengacu pada hubungan dewi dengan sinar matahari dan api, tetapi mungkin juga terkait dengan dewi fajar di seluruh dunia Indo-Eropa. 

Namanya berasal dari akar kata Proto-Indo-Eropa untuk “naik” atau “tinggi”, seperti kata dalam bahasa Inggris “bright“. Brigid juga terkenal sebagai dewi sumur, karena hubungannya dengan sumur dan saluran air.

Atribut

Brigid merupakan sosok dewi yang kuat namun keibuan. Ia menginspirasi banyak penulis dan penyair yang membuat Irlandia terkenal secara internasional.

Ia sering tampil sebagai dewi berambut berapi-api yang mengenakan jubah sinar matahari. Dia muncul terutama dalam bentuk seorang gadis atau seorang ibu, tergantung pada kisahnya. 

Domain

Wilayah Brigid atas kesuburan dan keibuan tidak hanya mencakup manusia dan dewa, tetapi juga hewan. Perannya sebagai pelindung hewan peliharaan ditunjukkan melalui hewan yang dipeliharanya:

  • Fe dan Men, dua ekor sapi kesayangannya.
  • Torc Triath, “raja babi hutan” yang muncul dalam legenda Arthurian.
  • Cirb, seekor domba jantan yang kuat dan raja domba.

Di era Kristen, penulis Irlandia memuji Brigid sebagai inspirasi mereka. Dia adalah dewi terpelajar dan tidak hanya menginspirasi para pandai besi, tetapi juga pengrajin dari semua bidang perdagangan. Hubungannya dengan penyembuhan dan kebijaksanaan mungkin merupakan aspek keturunan dari ayahnya, Dagda, yang merupakan ahli sihir dan mistisisme. 

Imbolc

Hari khusus bagi Brigid, Imbolc, berlangsung pada tanggal 1 Februari dan menandai awal tahun Irlandia. Selama hari rayanya, rakyat akan mempersembahkan makanan atau koin ke saluran air atau situs pemujaannya.

Mereka yang mencari berkahnya sering meminta kesembuhan dan meminta perlindungan (seringkali untuk rumah tangga, anak-anak, ternak mereka), atau inspirasi.

Situs dan Simbol

Ia menjabat sebagai dewi air dan memegang kekuasaan atas sungai dan sumur. Dua dari sumurnya yang paling terkenal adalah:

  • Brigid’s Well di Kildare — salah satu situs paling terkenal di seluruh Irlandia. Air sumur ini konon dapat menyembuhkan penyakit atau luka apa pun. 
  • Brigid’s Well di County Clare — terletak di sebuah gereja, sumur ini terdapat di bawah pemakaman. Dan terletak di dekat Tebing Moher yang terkenal.

Ia juga memiliki simbol dari zaman prasejarah bernama Brigid Cross. Terbuat dari rumput, salib geometris ini masih digunakan di seluruh Irlandia, dan sering digantung di atas pintu rumah dan perkantoran. 

Keluarga

Ayahnya adalah Dagda — Dewa Agung — pemimpin Tuatha Dé Danann. Melalui Dagda, ia memiliki banyak saudara, termasuk saudara laki-lakinya Aengus dan Midir . Dalam beberapa sumber, ibunya adalah Danu , dewi sungai yang kuat dan ibu-dewi dari Tuatha Dé Danann (“Anak-anak Danu”). Brigid menikah dengan Bres, Raja Tertinggi dari Tuatha Dé Danann, dan dengan dia memiliki seorang putra, Ruadán.

Dalam kisah lain, Brigid adalah istri Tuireann, dan ibu dari ketiga putranya, Brian, Iuchar, dan Irchaba. 

Mitologi

Brigid muncul dalam sejumlah mitos dan legenda Celtic juga Arthurian. Ia digambarkan sebagai wanita yang memiliki berbagai keterampilan dan pengetahuan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.