Cara Mengurangi Limbah Makanan dari Rumah (Part 2)

oleh -172 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagian orang mungkin berpikir bahwa dirinya tak menghasilkan limbah makanan, atau hanya menyumbang sedikit sekali limbah makanan. Ternyata tidak demikian, karena limbah makanan menyumbang 1,3 miliar ton setiap tahunnya. Berikut Cara Mengurangi Limbah Makanan dari Rumah (Part 2). (safna)

4. Simpan sisa makanan

Jika Anda sering memesan makanan online, ada kalanya porsi yang datang cukup besar tak muat di perut. Sebaiknya jangan membuang sisa makanan tersebut dan simpan di lemari es.

Simpan sisa makanan dalam wadah bening sehingga Anda tak lupa bahwa Anda punya makanan. Anda bisa memanaskan makanan sisa tersebut pada esok harinya untuk sarapan atau jadi menu makan siang Anda. Cara ini juga bisa menghemat waktu dan ramah di kantong.

5. Makan dengan kulitnya

Orang sering membuang kulit buah, sayur, bahkan kulit ayam saat menyiapkan makanan. Padahal bagian kulit juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh.

Kulit buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti yang ada dalam apel. Sementara kulit ayam mengandung antioksidan dan selenium yang membantu memerangi peradangan dalam tubuh. Lapisan luar kentang, wortel, mentimun, dan terong juga bisa dimakan dan bergizi.

Anda juga sebaiknya mengkonsumsi telur dengan kuning telurnya agar mendapat protein, vitamin A, B, zat besi dan selenium yang terkandung dalam kuning telur.

6. Buat smoothies

Batang kangkung, kulit apel, bagian atas stroberi, atau kulit wortel biasanya tidak dikonsumsi dan dibuang begitu saja. Bagian kecil dari sayuran ini akan menumpuk di tempat sampah dan menjadi limbah makanan.

Agar mengurangi limbah makanan, sebaiknya gunakan bagian-bagian tersebut dengan cara mengolahnya menjadi smoothies favorit. Bagian-bagian sayuran dan buah di atas tetap bisa dimakan dan punya kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

7. Buat kompos

Membuat kompos sisa makanan adalah cara mengurangi limbah makanan, sekaligus menjadi energi organik untuk tanaman.

Langkah ini juga bisa mendukung hobi Anda berkebun dan bercocok tanam. Jika Anda punya tanaman hias di rumah, Anda juga bisa menghemat uang dengan membuat pupuk kompos organik dari sisa makanan di dapur Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.