Daftar Makanan Paling Bau di Dunia, Ada Dari Indonesia!

oleh -486 views

ZETIZEN RADAR CIREBON -Makanan dengan aroma sedap menggiurkan siapapun yang mencium baunya. Namun ternyata, nggak semua makanan memiliki aroma yang sedap, gengs. (cva)

Makanan beraroma sedap pastilah menggoda dan mengundang selera makan. Tapi kenyataannya, ada beberapa makanan yang memiliki aroma busuk. Dan uniknya, meskipun beraroma busuk tapi makanan ini cukup populer, bahkan digemari masyarakat.

Ada beberapa makanan di seluruh dunia yang ternyata memiliki bau yang sangat tak sedap. Apa saja itu?

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, 10 makanan paling bau di dunia. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Surstromming

source by: kompas.com

Makanan khas Swedia ini terkenal dengan aromanya yang sangat menyengat. Hidangan ini terbuat dari ikan herring yang telah mengalami proses fermentasi.

Masyarakat membuat fermentasi ikan herring dengan tujuan untuk mencegah proses pembusukan. Caranya sangat sederhana, yakni menaburkan garam pada ikan segar lalu biarkan selama enam bulan atau lebih dalam wadah tertutup. Aromanya sangat busuk, sehingga menyantapnya pun harus di luar ruangan.

Hidangan ini masuk kedalam daftar hidangan yang paling bau di dunia, karena memiliki aroma yang mirip telur busuk dan sampah.

2. Kiviak

source by: gizmodo.com

Suku Inuit di bagian utara Greenland ini biasa mengonsumsi makanan ini saat musim dingin. Kiviak termasuk makanan paling bau di dunia karena memiliki aroma yang tak sedap.

Makanan ini terbuat dari burung auk yang difermentasi di dalam kulit anjing laut selama 6-7 bulan. Setelah tujuh bulan, barulah burung tersebut dikeluarkan dari dalam perut anjing laut. Lemak anjing laut dapat membantu proses fermentasi, juga melunakkan daging dan tulang burung auk.

Salah satu cara memakan makanan ini adalah dengan menggigit kepala burung auk dan menghisap cairan di dalamnya. Rasa kiviak sering dideskripsikan sebagai mirip keju yang sudah matang.

3. Kusaya

source by: boombastis.com

Kusaya adalah sejenis ikan asin dari Jepang. Hidangan ini terkenal dengan baunya yang sangat menyengat. Kendati aromanya sangat menyengat tapi kusaya memiliki rasa yang lezat dan gurih umami.

Kusaya biasanya dihidangkan dengan sake. Kusaya merupakan makanan tradisional yang berasal dari Kepulauan Izu, namun terdapat juga di Nii-jima. Aromanya yang sangat menyengat membuat kusaya kerap disebut sebagai ikan busuk.

Ikan lebih dulu direndam dengan larutan garam (brine) dan dijemur di bawah sinar matahari. Ciri khas Kusaya terletak pada larutan garam atau brine yang sudah menjadi warisan resep selama ribuan tahun. Biasanya ikan Kusaya yang sudah dikeringkan, akan dipanggang dan dimakan langsung sebagai camilan.

4. Keju Limburger

source by: theoedysseyonline.com

Limburger merupakan jenis keju yang berasal dari abad ke-19 dan terdapat pertama kali di Duchy of Limburg. Keju ini memiliki bau paling menyengat di dunia. Baunya datang dari bakteri bernama brevibacterium linens, yang juga terdapat pada kulit manusia dan menjadi bakteri penyebab bau badan.

Keju ini populer di Jerman, Belgia dan Belanda karena kawasan pembuatannya merupakan perbatasan wilayah tiga negara ini.

Banyak orang mengatakan bau keju limburger mirip seperti bau mayat. Semakin tua keju ini, maka aromanya semakin menyengat. Tak jarang bahkan menghasilkan aroma bau kaki. Mau coba?

5. Hongeohoe

source by: wikipedia.org

Di Korea Selatan ada makanan bernama hongeohoe. Hongeo termasuk populer meskipun aromanya mirip WC umum. Hongeo terbuat dari bahan baku ikan pari yang difermentasi selama sebulan atau lebih.

Jenis ikan ini tidak memiliki kandung kemih atau ginjal, sehingga limbah pencernaannya langsung keluar melalui kulit dalam bentuk asam urat. Itulah alasannya mengapa ikan pari harus dimakan saat masih segar.

Saking baunya, kadang aroma hongeo tetap melekat pada alat makan, pakaian hingga rambut orang yang menyantapnya. Meski berbau busuk, setiap tahun setidaknya ada 11.000 ton hongeo yang ludes setiap tahunnya. Hongeohoe kerap dinikmati bersama dengan minuman beralkohol yang biasa disebut makgeolli.

6. Doenjang

source by: wikipedia.org

Makanan paling bau di dunia selanjutnya yakni Doenjang. Doenjang merupakan jenis saus yang berasal dari Korea Selatan.

Makanan ini terbuat dari kedelai yang difermentasi. Aroma dan bentuknya mirip dengan tauco.

Doenjang memiliki aroma amonia dengan rasa umami yang gurih. Saus ini sering digunakan untuk sebagai bahan masakan.

7. Century Egg

source by: kompas.com

Century egg merupakan olahan telur bebek populer asal China. Nama century egg sendiri terinspirasi dari proses pembuatannya yang membutuhkan waktu sangat lama.

Telur bebek yang telah dibungkus dengan adonan dari campuran bata halus, sekam, dan arang akan didiamkan selama beberapa bulan. Nah, proses pengeraman inilah yang akan mengeluarkan aroma menyengat yang tak jarang membuat orang-orang menutup hidung.

Meski aromanya terkesan busuk, tekstur telur yang kenyal dan agak creamy menjadi daya tarik hidangan ini. Century egg sangat cocok dihidangkan bersama bubur khas China bercita rasa gurih.

8. Lutefisk

source by: idntimes.co.id

Ikan yang sudah jenuh dengan air kemudian mereka rendam lagi dalam larutan air dan lindi selama dua hari. Larutan untuk merendam ikan adalah larutan alkali yang mengubah tekstur dan aroma lutefisk menjadi seperti agar-agar dan putih transparan.

Lutefisk banyak terdapat di negara-negara Nordik, seperti Norwegia, Swedia, dan Finlandia. Makanan ini terbuat dari ikan kering yang mereka rendam dalam air dingin yang terus diganti selama enam hari.

Ikan akan membengkak dari ukuran awalnya dan kandungan proteinnya berkurang setengahnya, menjadi bentuk gel dan bersifat basa dengan pH 11-12.

9. Stinky Tofu

source by: indozone.id

Tahu bau atau ‘stinky tofu‘ merupakan salah satu hidangan khas China, yang digemari banyak orang. Sayangnya hidangan ini punya aroma tak sedap yang menyengat.

Stinky tofu atau ‘chou doufu‘ biasanya dihidangkan dengan macam-macam campuran bumbu, tergantung masing-masing tempat.

Tahu ini dapat digoreng, dikukus, direbus atau dipanggang. Yang unik, setelah digoreng, direbus, dikukus atau dipanggang, tahu ini tidak berbau busuk lagi dan dapat menjadi sebuah panganan yang sangat enak.

10. Durian

source by: cnnindonesia.com

Nah, ini dia makanan yang sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia, tapi termasuk dalam daftar makanan dengan bau paling busuk di dunia. Durian sangat terkenal di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan Thailand

Bagi sebagian orang, durian memang punya bau yang sangat menyengat, bahkan menyerupai sampah basah.

Jadi nggak heran kalau durian kerap dilarang di beberapa tempat, seperti di dalam kabin pesawat, kereta api, atau transportasi publik lainnya. Durian juga punya reputasi sebagai buah beraroma paling kuat di dunia.

Dari sepuluh makanan di atas, mana yang sudah kamu buktikan “sengatan” baunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.