Fakta Unik Gading Gajah Yang Harus Kamu Ketahui

oleh -411 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa yang tidak kenal gajah? Gajah adalah salah satu hewan besar dengan ciri-ciri yang memiliki batang besar dan gading di tubuhnya. Hewan ini terdapat di daerah seperti Afrika dan Asia, termasuk Indonesia. (cva)

Salah satu ciri khas hewan ini ialah memiliki gading di dekat belalainya. Gading tersebut umumnya bewarna putih pudar dengan ukuran tertentu dan pada bagian ujungnya agak runcing.

Tidak semua gajah memiliki gading, hanya beberapa yang memilikinya. Gajah Afrika, baik jantan maupun betina, mayoritas dari mereka memiliki gading. Sedangkan untuk gajah Asia, hanya gajah jantan saja yang memiliki gading, sedangkan gajah betina tidak memilikinya.

Kali ini kita akan membahas fakta unik tentang gading gajah yang mungkin belum kalian ketahui. Simak tulisan dibawah ini, ya!

Bobot 

Melansir dari Encyclopaedia Britannica, umumnya gading gajah Afrika bisa memiliki panjang  enam kaki atau sekitar dua meter, dengan bobot 50 pon atau 23 kilogram untuk setiap gadingnya. Sedangkan untuk gajah Asia memiliki ukuran lebih kecil dan berat lebih ringan.

Ukuran dan bobot ini membuat gadingnya memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Oleh manusia, gading ini merupakan bahan baku untuk pembuatan ukiran patung, gagang keris, pembuatan tuts piano, pajangan atau hiasan di rumah, dan lain sebagainya.

Sayangnya manfaat dan penggunaan gading ini semakin tidak terkendali. Sehingga banyak kasus perburuan dan pembunuhan gajah secara ilegal. Perburuan ini tidak hanya berbahaya bagi gajah, namun juga sangat berdampak bagi populasi keberadaannya.

Tak Bisa Tumbuh Lagi

Gading gajah sendiri sebenarnya merupakan gigi seri yang tumbuh menyembul atau keluar dari mulutnya. Gading ini terbuat dari dentin padat, enamel, dan pulpa yang sama seperti pembentukan pada gigi.

Jika gading ini dipotong atau rusak karena hal tertentu, maka tak akan ada proses tumbuh lagi. Jadi, jika sudah rusak, kondisinya akan terus seperti itu.

Sebagai Jimat

Banyak orang, terutama mereka yang masih berpegang teguh pada kepercayaan mistis tradisional, berpikir bahwa gading adalah salah satu jimat yang paling efektif untuk kehidupan.

Jika kalian menggunakan jimat yang terbuat dari gading hewan ini, setiap orang yang menggunakannya beruntung dan menghindari nasib buruk. Biasanya, gading untuk jimat dibuat dalam bentuk kecil dan menjadi kalung atau gelang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.