Fakta Unik Gurita yang Jarang Orang Ketahui Part II

oleh -277 views
Fakta Unik Gurita

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, gurita merupakan hewan yang terkenal karena mempunyai delapan kaki bertentakel yang berfungsi untuk bergerak dan juga mencari mangsa. Selain pada kakinya, ternyata gurita mempunyai keunikan lainnya lho sob. Nah, apakah kamu penasaran dengan fakta unik gurita lainnya? Simak ulasan berikut. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

Ahli berkamuflase

Fakta unik gurita berikutnya adalah ia merupakan hewan yang sangat ahli soal kamuflasenya. Kamuflase yang ia lakukanpun sangat mirip dengan bunglon. Yang berbeda hanyalah jika bunglon melakukannya di darat, gurita melakukan hal tersebut di laut.

Ia mampu untuk merubah tubuhnya menyerupai terumbu karang, bebatuan atau tanaman di laut. Ia pun dapat melakukan tersebut hanya dalam waktu 3 detik. Hal tersebut ia lakukan untuk mengelabui mangsanya dan juga berlindung dari serangan predator.

Tinta yang beracun

Tidak sedikit orang pastinya mengetahui bahwa ketika gurita sedang dalam keadaan terancam, ia akan mengeluarkan tinta dari tubuhnya. Namun yang perlu kamu ketahui adalah tinta yang ia keluarkan bukanlah sembarang tinta.

Tinta dari gurita itu sendiri mengandung enzim yang bernama tirosinase. Jika tinta tersebut mengenai mata predatornya, tirosinase itu sendiri akan menyebabkan iritasi yang mampu membutakan dan merusak indra penciuman si predator. Bahkan, jika si gurita tidak berhasil lepas dari tinta tersebut, ia pun dapat mati karenanya.

Pengorbanan sang induk

Mungkin kamu sering mendengar bahwa beberapa hewan akan melakukan banyak sekali pengorbanan demi anaknya. Hal tersebut sama seperti yang gurita lakukan kepada anaknya.

Terkadang gurita pasifik utara akan mati setelah para anaknya menetas. Hal tersebut dikarenakan ia membuat sarang di air yang dalam. Oleh karena itu, sang induk harus memastikan aliran air yang kaya akan oksigen dan juga nutrisi selama tujuh bulan tanpa makan.

Hidup yang singkat

Dengan semua kecerdasan yang ia miliki, ternyata gurita termasuk kedalam hewan yang memiliki umur yang sangat singkat. Umumnya semua jenis gurita hanya dapat bertahan hidup kurang dari setahun. Ia hanya mampu bertahan 6 sampai 7 bulan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.