Fakta Unik Kalajengking yang Perlu Kamu Ketahui Part I

oleh -156 views
Fakta Unik Kalajengking

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tidak sedikit orang pastinya mengetahui tentang hewan ini. Yups, kalajengking merupakan hewan yang identik dengan capit dan juga ekornya yang mempunyai sengatan beracun. Namun selain itu, ternyata kalajengking mempunyai fakta menariklainnya lho sob. So, berikut fakta unik kalajengking yang perlu kamu ketahui. (fb)

Baca juga: Sony Alpha 1 Masuk Indonesia, Kamera Mirrorless Tercanggih!

Bukan Serangga

Tersengat Kalajengking? Ini Cara Mengatasinya
Source by KlikDokter

Fakta unik kalajengking yang pertama mengenai seluk beluknya. Jika kamu berfikir bahwa kalajengking masuk kedalam kelompok serangga, penyataan kamu salah sob.

Ternyata, kalajengking merupakan Arachnida atau hewan invetebrata. Karena hal tersebut, kututungau, caplak, dan laba-laba merupakan kerabat dekatnya.

Hewan Purba

Fosil Kalajengking Purba Ditemukan, Kalajengking Tertua yang Berevolusi -  Harapan Rakyat Online
Source by Harapan Rakyat Online

Selain merupakan hewan invetebrata, ternyata kalajengking merupakan hewan purban yang sudah mendiami bumi sejak jutaan tahun yang lalu sob.

Sebagai bukti para peneliti dari Universitas Witwatersrand berhasil menemukan fosil tertua dari hewan tersebut. Fosil yang mereka temukan di Grahamstown, Afrika Selatan ini ternyata sudah berumur 350 juta tahun.

Berumur Panjang

Apa Jenis Kalajengking yang Paling Mematikan ? | Kafe Kepo |
Source by Kafe Kepo

Selain dengan fosil, bukti lainnya yang dapat membantu opini mengenai kalajengking merupakan fosil hidup adalah ia berumur panjang. Jika kita membandingkan dengan serangga lain, serangga lain hanya mampu bertahan hidup dalam hitungan hari, minggu ataupun bulan.

Namun ternyata, kalajengking dapat hidup dalam waktu yang lama yakni 2 sampai 10 tahun. Bahkan jika seekor kalajengking berada dalam penangkaran, ia mampu hidup mencapai 25 tahun.

Hewan yang Kuat

Page 51 – Kafe Kepo
Source by Kafe Kepo

Tidak hanya itu, ternyata kalajengking pun merupaka hewan yang masuk kedalam kategori hewan yang kuat. Kalajengking memiliki tingkat metabolisme yang sangat rendah. Karenanya kebutuhan oksigen hanya sepersepuluh dari serangga umumnya.

Selain itu, ia juga mampu bertahan hidup tanpa makan selama satu tahun. Ia juga mampu bertahan hidup tanpa minum selama 48 jam dan juga mampu bertahan hidup di dalam air karena memiliki paru-paru buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *