Fakta Unik Kambing Gunung, Ternyata Bukan Kambing! Part I

oleh -59 views
Fakta Unik Kambing Gunung

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahu nggak sih sob, ternyata ada sebuah spesies mamalia di dunia ini yang sangat lihai dalam panjat memanjat. Habitatnya pun berada di suatu wilayah bebatuan terjal di Amerika Utara, ratusan meter di atas permukaan tanah. Yups, hewan tersebut adalah kambing gunung. Tidak hanya berjalan di atas tebing, ia pun pandai untuk melompat dari salah satu batu ke batu lainnya. Namun ternyata, ada fakta lainnya mengenai kambing gunung lho sob. So, berikut fakta unik kambing gunung. (fb)

Baca juga: Daftar Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Namanya kambing, tapi bukan kambing

Fakta unik kambing gunung satu ini pastinya membuat kamu sedikit bingung bukan? Kenapa seekor kambing gunung yang mempunyai nama depan kambing, tetapi bukan lah kambing.

Nah ternyata, kambing gunung merupakan satu-satunya hewan yang masuk kedalam genus Oreamnos. Sedangkan kambing domestik ataupun kambing liar yang biasa kita temui, masuk kedalam genus Capra.

Mamalia terbesar di ketinggian ribuan meter

Jika kita mengulik lagi mengani hewan mamalia yang memiliki ukuran besar, sepertinya sangat jarang untuk menemukan hewan tersebut berada di ketinggian ribuan meter.

Karena hal tersebut, kambing gunung menjadi satu-satunya mamalia terbesar yang tinggal di ribuan meter. Pasalnya, kambing gunung mempunyai bobot mencapai 56,8-81,8 kilogram dan tinggal di ketinggian 2.300 meter atau 1.000-5.000 meter.

Ahli panjat tebing

Tidak sedikit orang pastinya bertanya, bagaimana cara seekor kambing gunung tidak terjatuh ketika berjalan ataupun meloncat di sebuah ketinggian yang sangat licin dan juga curam.

Ternyata seekor kaki seekor kambing gunung mempunyai alas elastis seperti karet yang bertindak seperti pengisap kalau tertekan oleh beban. Jari kaki mereka pun akan menyebar ketika menapak, sehingga ia dapat mencengkram kuat pada permukaan terjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *