Gempa Berkekuatan 6.7 Magnitudo Di Wilayah Malang dan Sekitarnya

oleh -83 views
Gempa Malang

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sabtu (10/04/2021) Siang terjadi gempa bumi berkekuatan 6.7 Magnitudo di wilayah kota Malang dan sekitarnya menimbulkan kepanikan. Pasalnya banyak tempat tinggal dan jalanan di wilayah Malang mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa tersebut. Bukan hanya di Jawa Timur, getaran juga terasa di Yogyakarta, Bali dan Lombok. Kenapa ini bisa terjadi? Berikut menurut pengamatan BMKG. (sno)

Berdasarkan hasil analisisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi Malang berkekuatan Magnitudo 6,7 dan memiliki magnitudo terkoreksi, Mw 6,1.

BPBD: Tak Ada Laporan Kerusakan Akibat Gempa 5,1 SR di Malang - News  Liputan6.com

Bambang Setiyo Prayitno MSi selaku Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan episenter gempa bumi ini berada di koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT.

Tepatnya pusat gempa bumi ada di dasar laut pada jarak 96 km ke arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km. “Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hipsenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi,” ucap Bambang.

Lihat juga: Tetap Waspada! 4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gempa Bumi

Lalu mengapa gempa Malang ini bisa terasa hingga Yogyakarta, Bali dan Lombok sebegitu luasnnya? Para ahli Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Gayatri Indah Marliyani menjawab hal ini bisa terjadi akibat proses subduksi di lepas pantai selatan Jawa Timur.

Proses tersebut terjadi pada kedalaman zona Benioff yang menandai batas lempeng antara kerak samudera Indo-Australia yang menunjam di bawah kerak benua Eurasia di lokasi ini yang berada pada kedalaman sekitar 80 km.

Menurut Gayatri Indah Marliyani gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Karena pusat gempa tidak cukup besar hingga merobekan di dasar laut yang signifikan yang dapat meengganggu tubuh laut. Namun gempa ini terasa dan cukup merusak fasilitas penduduk di wilayah sekitar Blitar dan Malang.

Lihat juga: Aftershock, Fase Terakhir Gempa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *