Hal tentang Kapal Selam yang Jarang Orang Ketahui Part II

oleh -245 views
Hal tentang kapal selam yang jarang orang ketahui

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti namanya, kapal selam merupakan sebuah kapal yang mempunyai tujuan khusus untuk bergerak di bawah laut. Selain menjadi sebuah alutsista laut militer sebuah negara, kapal selam pun kerap menjadi sebuah kapal wisata. Tidak hanya itu, ternyata ada beberapa hal tentang kapal selam yang jarang orang ketahui. So, simak ulasan berikut. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

Mengandalkan sonar dan juga periskop untuk mengamati sekitar

Mengapa Kapal Selam Memiliki Periskop? | Belajar Sampai Mati
Source by Belajar Sampai Mati

Hal tentang kapal selam yang jarang orang ketahui selanjutnya adalah cara ia bernavigasi dan mengamati sekitar. Karena sebuah kapal selam militer tidak memiliki jendela untuk mengamati sekitar, mereka mengandalkan sonar untuk bernavigasi.

Selain sonar, di dalam sebuah kapal selam pun terdapat sebuah periskop yang berfungsi untuk melihat keadaan di luar kapal. Periskop sendiri merupakan serangkaian kaca dan prisma yang diatur supaya orang dapat melihat sesuatu yang berada jauh di atas.

Hunley menjadi kapal selam pertama yang menenggelamkan kapal

H.L. Hunley | History, Recovery, & Facts | Britannica
Source by Britannica

Mungkin kamu penasaran dengan kapal selam apa yang pertama kali berhasil menenggelamkan sebuah kapal lainnya? Nah, ternyata jawaban dari pertanyaanmu adalah HL Hunley yang merupakan kapal selam Konfederasi Serikat.

Ia berhasil menenggelamkan kapal perang USS  Housatoni dalam Perang Saudara Amerika. Sayangnya setelah serangannya berhasil, Hunley kemudian hilang bersama 21 kru nya sebelum dapat kembali ke pangkalan.

Kapal selam menjadi senjata terampuh saat Perang Dunia

Doktrin Kapal Selam Jepang Selama Perang Dunia II – MiliterMeter.com
Source by MiliterMeter.com

Agar dapat bertahan ketika perang dunia berlangsung pastinya sebuah negara harus memiliki persenjataan yang sangat canggih. Ternyata ketika Perang Dunia I dan II pecah, kapal selam menjadi salah satu senjata ampuh. Dengan membawa torpedo, ia mampu menghancurkan kapal musuh dari bawah laut.

Selama abad ke-19, teknologi kapal selam semakin berkembang

Prediksi Angkatan Laut Dunia Terkuat di 2030, Siapa Juara?
Source by MataMataPolitik

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun semakin berkembang menjadi lebih baik. Seperti contohnya teknologi yang berada di sebuah kapal selam. Namun, perkembangan yang paling terasa adalah pada abad ke-19.

Pada saat itu, sebuah kapal selam dibuat dari bahan titanium ataupun baja. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat keras yang menjadikan sebuah kapal selam tidak akan hancur ketika berada di dasar laut yang mempunyai tekanan air yang sangat kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.