Hewan Mitologi Indonesia yang perlu Kamu Ketahui Part I

oleh -74 views
Hewan Mitologi Indonesia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Indonesia merupakan negara yang terkenal karena memiliki beragam macam fauna. Selain memiliki beragam macan fauna, ternyata Indonesia juga memiliki berbagai macam hewan mitologi lho sob. Apakah kamu mengetahui apa saja hewan mitologi Indonesia tersebut? Kalo belum, mari simak ulasan berikut. (fb)

Baca juga: Kadal Pinokio Kembali dari Kepunahan

Garuda

Parisada Hindu Dharma Indonesia
Source by Parisada Hindu Dharma Indonesia

Hewan mitologi Indonesia yang pertama adalah lambang negara kita sendiri yakni Garuda. Ternyata, Gardua merupakan hewan mitologi yang berasal dari mitologi Hindu, Buddha dan Mesir Kuno.

Garuda dikenal sebagai raja dari para burung dan juga merupakan tunggangan dari Dewa Batara Wisnu. Perawakan dari hewan ini sendiri yakni paruh dan sayap yang menyerupai burung elang dan badan yang menyerupai manusia dengan ukuran yang sangat besar.

Lembuswana

Misteri Lembuswana
Source by Dunia Kriptid Indonesia

Jika sebelumnya merupakan kendaraan dewa, kali ini ada Lembuswana yang merupakan kendaraan raja. Selain menjadi kendaraan bagi Raja Mulawarna yang merupakan raja Kerajaan Kutai, Lembuswana pun merupakan penjaga sungai Mahakam.

Untuk perawakannya sendiri, Lembuswana merupakan gabungan dari sepuluh macam hewan. Berbadan lembu, berkepala singa, memiliki sayap garuda, bersisik seperti naga, bertaji seperti ayam, memiliki belalai gajah, berjenggot seperti kambing, bertanduk seperti sapi, dan memiliki ekor layaknya singa. 

Ahool

Ahool, Makhluk Misterius Berbentuk Kelelawar Raksasa Berkepala Kera |  Indozone.id
Source by Indozone

Hewan mitologi satu ini terbilang cukup populer oleh banyak orang. Keberadaan dari hewan ini pertama kali diungkap oleh seorang ahli hewan, Dr. Ernest Bartels yang sedang menjelajahi air terjun di lereng Gunung Salak.

Perawakan dari hewan ini sendiri terlihat seperti seekor kelelawar. Namun, yang berbeda adalah hewan mitologi ini bertubuh sangat besar. Bahkan, bentangan sayapnya saja dapat mencapai ukuran 3 meter. Sedangkan untuk namanya sendiri berasal dari suara yang ia keluarkan yakni “ahool”.

Orang Bati

Misteri Orang Bati, Makhluk Mitos yang Jadi Perdebatan
Source by Baca

Sekilas, hewan mitologi ini tampak terlihat seperti Ahool. Namun, yang berbeda dari kedua hewan mitologi tersebut adalah jika Ahool tampak seperti kelelawar, Orang Bati merupakan seekor kera yang memiliki sayap.

Hampir semua penduduk Pulau Seram, Maluku mengetahui tentang keberadaan hewan mitologi satu ini. Konon katanya, Orang Bati kerap kali menculik anak-anak unuk ia santap agar menjadi sumber kekuatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *