Hewan Mitologi Indonesia yang perlu Kamu Ketahui Part II

oleh -122 views
Hewan Mitologi Indonesia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Indonesia merupakan negara yang terkenal karena memiliki beragam macam fauna. Selain memiliki beragam macan fauna, ternyata Indonesia juga memiliki berbagai macam hewan mitologi lho sob. Apakah kamu mengetahui apa saja hewan mitologi Indonesia tersebut? Kalo belum, mari simak ulasan berikut. (fb)

Baca juga: Kadal Pinokio Kembali dari Kepunahan

Warak Ngendog

Warak Ngendog, Hewan Mitologi yang Menjadi Simbol Persatuan Etnis di  Semarang - Boombastis
Source by Boombastis

Hewan mitologi Indonesia selanjutnya ada Warak Ngendong yang menjadi simbol persatuan antara tiga etnis yang ada di Semarang yakni Cina, Arab dan Jawa. Warak Ngendong biasanya diarak dalam Festival Kebyaran sebelum memasuki bulan puasa

Perawakan dari hewan ini sendiri yakni persatuan dari naga yang berasal dari Cina, berbadan unta yang berasal dari Arab dan empat kaki kambing yang berasal dari Jawa. Sedangkan untuk namanya sendiri, nawa “Warak” berasal dari bahasa arab yakni “Wara’i” yang artinya suci dan “Ngendong” atau “Ngendok” yang artinya bertelur sebagai simbol pahala yang orang dapat setelah puasa.

Kuda Sembrani

Air Mata Kuda Sembrani Halaman 1 - Kompasiana.com
Source by Kompasiana.com

Jika pada Mitologi Yunani ada seekor kuda bersayap yakni Pegasus. Dalam Mitologi Indonesia pun ada seekor kuda bersayap sama seperti Pegasus yakni Kuda Sembrani. Namun, kedua hewan tersebut berbeda dari segi sejarahnya.

Menurut kisah, Kuda Sembrani merupakan tunggangan dari Dewa Wisnu selain Garuda. Sementara menurut kisah dari Jawa, Kuda Sembrani merupakan alat transportasi bagi para raja, ratu, dan juga senopati agar mereka cepat sampai ke tujuan.

Cindaku

5 Makhluk Mitologi Asli Indonesia yang Cocok Jadi Hero Mobile Legends |  Kincir.com | LINE TODAY
Source by Line Today

Hewan mitologi satu ini mungkin terbilang berbeda dari hewan mitologi sebelumnya. Pasalnya, Cindaku merupakan ilmu batin yang diwariskan dari nenek moyang masyarakat Kerinci.

Konon katanya, masyarakat Kerinci murni yang memiliki kemampuan spiritual akan dapat berubah menjadi Cindaku yang merupakan manusia harimau layaknya seorang mutan dalam kisah fiksi. Bagi para masyarakat setempat hal ini bukanlah ilmu hitam melainkan ilmu yang diturunkan untuk menjaga batas hidup antar manusia dan harimau.

Aul

Berani Kenalan dengan 10 Makhluk Mitologi Indonesia Ini?
Source by Bacaterus

Jika hewan mitologi sebelumnya ada Cindaku yang merupakan manusia harimau, kali ini ada Aul yang merupakan manusia serigala. Konon katanya, dahulu Aul merupakan seorang manusia yang dapat menyatukan kembali anggota tubuhnya yang lepas.

Kemudian pada suatu hari ia menyuruh seseorang untuk menebas kepalanya untuk menguji kekuatannya. Namun karena posisi ia yang berada di dekat jurang membuat kepalanya menggelinding ke dalam jurang dan tidak dapat ditemukan.

Karena panik orang yang menebasnya tersebut menebas seekor serigala dan kemudian memasangnya namun dalam posisi terbalik yakni muka yang menghadap kebelakang. Alhasil, Aul banyak orang kenal sebagai manusia berkepala serigala terbalik yang sesekali dapat berjalan tegak layaknya manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.