Ingin Puasa Tetap Produktif? Lakukan Ini!

oleh -449 views
source: theatlantic.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hayo di sini siapa yang kalau puasa males-malesan? Padahal bulan Ramadhan ini kesempatan kita lho untuk berlomba-lomba mencari amal soleh. Sebagaimanahadis dari HR. Bukhari & Muslim, ” Setiap amal anak adam di lipatgandakan pahalanya pada bulan Ramadhan. Setiap satu kebaikan, akan di lipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat.” Oleh karena itu, kesempatan ini jangan kita sia-siakan ya guys. Gimana sih caranya agar puasa tetap produktif? Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan agar puasa tetap produktif. (tika)

1. Memiliki target ibadah

Salah satu hal yang bisa membuat semangat dan lebih produktif adalah dengan memiliki target. Nah, penting untuk kita memiliki target ibadah di bulan suci ini. Kamu bisa memulai dengan mencatat target di buku harianmu, misalnya target tilawah harian, target sholat agar selalu tepat waktu, target sedekah, dan lain sebagainya.

2. Jangan banyak tidur

Tidur sangat diperbolehkan kok saat berpuasa. Namun, yang berlebihan ini yang harus kamu kurangi. Kamu bisa membuat jadwal tidurmu. Tak hanya kurang tidur yang bisa berdampak negatif, tidur berlebihan juga bisa membuatmu malas dan bisa membuat kepalamu pusing. Kamu bisa tidur sebentar saat siang atau qoilullah agar malam saat sholat tarawih dan melakukan ibadah lain tidak mengantuk.

3. Tidak bermalas-malasan

Berpuasa selama seharian jangan membuatmu menjadi kesempatan untuk bermalas-malasan ya. Ketika kamu memiliki waktu luang kamu bisa memperbanyak istighfar, membaca al-Quran, atau membaca buku seperti sirah nabawiyah. Kamu juga bisa mencari lingkungan yang positif yang bisa mengingatkanmu untuk semangat beribadah. Dan, jangan lupa berdoa agar dijauhkan dari sifat malas dan selalu istiqomah di jalan Allah.

4. Makan secukupnya

Terkadang saat berpuasa kita suka tergoda dengan makanan dan minuman yang segar. Akhirnya kita membeli hampir semua jajanan yang ada tanpa sadar. Akhirnya mau tidak mau kamu harus menghabiskannya agar tidak mubadzir. Makan yang terlalu kenyang dapat membuatmu menjadi sulit bergerak dan menjadi malas. Oleh karena itu, kamu bisa mengantisipasinya dengan cara makan sesuai porsi dan secukupnya ya.

Nah, itu cara yang bisa kamu lakukan agar puasa tetap produktif. Jangan sampai Ramadhan menjadi sia-sia dan membuatmu tidak produktif ya.

Baca juga:

Persiapan Fisik Menjelang Bulan Ramadhan

Ini Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Saat ‘Me Time’

Keuntungan Menjadi Morning Person, Sudah Coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.