Ini 5 Tips Mengatasi Prokrastinasi!

oleh -184 views
source: photodune.net

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyaknya pekerjaan justru terkadang membuat kita semakin bingung untuk mengerjakan yang lebih dahulu. Selain itu, merasa banyaknya waktu membuat kita menunda-nunda pekerjaan demi kesenangan yang sesaat. Menunda-nunda pekerjaan dalam istilah psikologi dinamakan prokrastinasi. Kebiasaan menunda-nunda atau prokrastinasi ini apabila terus menerus dilakukan akan menghambat pekerjaan dan tidak baik untuk keseharian. Kali ini kita akan membahas 5 tips mengatasi prokrastinasi. (tika)

1. Membuat prioritas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat prioritas. Kamu bisa mengurutkan to do list dalam jurnal harianmu. Kamu juga bisa membuat tabel dari hal penting dan mendesak, hal penting dan tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, dan yang terakhir tidak penting dan tidak mendesak. Hal ini membuatmu menjadi lebih tahu mana prioritas yang harus kamu lakukan dan meninggalkan yang tidak perlu kamu lakukan.

2. Jangan meremehkan pekerjaan

Terkadang kita seringkali meremehkan pekerjaan atau menganggap enteng karena mungkin tugasnya yang mudah. Namun, tidak semua yang kita bayangkan terjadi, kita membayangkan mengerjakan tugas bisa kita lakukan dengan cepat dan mudah. Tetapi, saat melakukannya, tugas tersebut rumit atau cukup sulit untuk mengerjakan dalam waktu singkat. Mulai sekarang, cobalah untuk tidak terlalu menganggap enteng ya.

3. Menjauhkan distraksi

Sulit rasanya apabila sedang ingin mengerjakan tugas namun ada notifikasi chat dari teman atau notifikasi untuk bermain game. Kamu tetap boleh kok untuk bermain game, chatting dengan teman, ataupun menonton fil. Namun, melakukannya setelah mengerjakan pekerjaan terlebih dahulu ya agar tidak menumpuk. Kamu vbisa mencari lingkungan yang kondusif dengan mematikan notifikasi atau menjauhkannya sebentar.

4. Jangan multitasking

Sebisa mungkin kamu hindari multitasking. Melakukan multitasking terkesan lebih cepat dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Namun, tidak terfokus pada satu kegiatan, kamu menjadi tidak fokus dan membuat pekerjaan menjadi lebih lama dari yang seharusnya. Cobalah untuk mengerjakannya satu per satu hingga selesai, apabila sudah selesai kamu bisa melakukan tugas selanjutnya.

5. Berikan reward pada diri sendiri

Setelah kamu menyelesaikan pekerjaan yang tidak mudah, kamu jangan lupa untuk memberimu reward pada dirimu sendiri. Memberi reward seperti istirahat dengan makan makanan yang enak, mengopi, atau melihat video yang membuatmu tertawa juga akan membuatmu tidak jenuh dan membuatmu bersemangat kembali. Kamu yang tadinya merasa lelah, ketika sudah istirahat akan berguna membantu menyegarkan kembali pikiranmu yang seharian kelelahan.

Nah, itulah 5 tips mengatasi prokrastinasi. Cobalah untuk memahami akar kebiasaan menunda agar menjadi lebih teratur dan produktif. Tetap semangat dan jangan menunda-nunda ya.

Baca juga :

Ini Bahaya Kalau Kamu Kurang Minum Air!

Emosi Tidak Stabil? Coba 4 Tips Mengelola Emosi

Manfaat Frugal Living, Gaya Hidup Cermat dan Hemat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *