Ini Dia Alasan Mengapa Bau Durian Menyengat!

oleh -42 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa yang tak kenal buah durian? Bentuknya yang khas pasti langsung bisa dikenali. Buah durian atau sering disebut King of Fruit ini juga punya bau khas dan daging buah yang lezat. (cva)

Bagi yang tidak terbiasa, aroma menyengat durian bisa membuat tidak nyaman hingga mual. Namun bagi ilmuwan, bau menyengat ini merupakan objek yang menarik untuk diteliti. Mereka ingin tahu dari mana asalnya dan mengapa aromanya begitu tajam.

Versi ITB

Menurut Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ahmad Sulaeman, bau tajam dan menyengat ini ada karena buah ini mengandung satu asam amino yang langka bernama etionin.

Jumlah etionin ini akan makin meningkat seiring makin matangnya durian. Prof. Ahmad menerangkan, enzim spesifik pada buah ini akan melepaskan asam amino etionin yang mengeluarkan bau khas.

“Selain itu ada 44 senyawa lain yang mengeluarkan bau busuk seperti bau kentut, bawang hingga kubis busuk. Tapi senyawa lainnya juga mengeluarkan bau enak, seperti bau karamel, madu dan buah,” ungkap Prof. Ahmad seperti dikutip dari kanal Youtube IPB TV, Minggu (11/4/2021).

“Berdasarkan penelitian pada individu sehat dan tikus yang hipertensi, mengonsumsi durian di bawah 200 gram tidak apa-apa. Tapi tiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda ya,” tutup Prof. Ahmad.

Versi Peneliti NCC

Berbeda versi, para peneliti asal Singapura pun mengungkap misteri bau durian yang sangat khas.

Para peneliti dari National Cancer Center (NCC) dan Duke-NUS Medical School di Singapura membandingkan DNA durian dengan tanaman lain yang memiliki bau yang tidak biasa, seperti kakao.

Peneliti menemukan jika senyawa sulfur volatil atau VSC pada durian lebih banyak daripada buah lain. Gen ini akan menjadi sangat aktif ketika buah matang sehingga menyebabkan bau yang tidak biasa.

“Bagi yang tidak biasa, aroma buah ini seperti kombinasi antara campuran bawang, buah-buah manis, serta asam pada bumbu sop. Bahkan juga seperti telur busuk,” kata Bin Tean Teh, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (9/10/2017).

Akan tetapi, bau tersebut penting bagi durian yang hidup di alam liar. Para peneliti berkata bahwa baunya yang khas membantu menarik hewan untuk memakannya dan menyebarkan bijinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *