Ini Tips Agar Puasamu Tetap Sehat dan Bugar!

oleh -103 views
source: withloveleena.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu pasti sudah tahu kalau puasa banyak sekali manfaatnya. Kita harus bersyukur karena telah bertemu dengan Ramadhan kali ini. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk beribadah dengan maksimal. Namun, ada beberapa orang yang merasa lemas dan tidak bersemangat, bahkan ada yang malah sakit. Lalu, bagaimana? Ini ada tips agar puasamu tetap sehat dan bugar. (tika)

1. Perhatikan jenis makanan

Hal yang pertama kamu perlu ketahui adalah kamu perhatikan jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi. Pastikan untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan juga lemak esensial. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan. Makanlah dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Minum air yang cukup

Selama berpuasa, tentunya tubuhmu akan kehilangan banyak cairan. Karena tubuh terdiri dari 60%-70% air, maka ketika kekurangan cairan akan berpengaruh terhadap sel-sel dan saraf tubuh. Agar kamu tetap sehat dan bugar, maka jangan biarkan tubuhmu dehidrasi ya. Biasakan untuk memenuhi kebutuhan cairan berdasarkan kebutuhan. Serta, hindari makanan yang panas dan pedas karena akan membuatmu tambah haus.

3. Jangan kalap saat berbuka puasa

Ketika berbuka banyak yang menjadikan ajang balas dendam karena seharian menahan lapar dan haus. Padahal, ini tidak baik untuk kesehatanmu. Hal ini akan membuat perut merasa kembung dan menjadi kelelahan. Bahkan, saat ingin melakukan shalat tarawih, seringkali mengantuk karena kekenyangan. Solusi terbaiknya adalah dengan makan secukupnya.

4. Kurangi makanan dan minuman manis

Selanjutnya, kamu bisa mengurangi atau bahkan menghindari makanan dan minuman yang manis. Banyak orang yang keliru dengan ‘berbuka dengan yang manis’. Memang penting untuk mengonsumsi makanan yang manus apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula. Namun, minuman dan makanan yang kamu konsumsi secara rutin selama puasa justru dapat menaikkan berat badan. Apabila kamu ingin tubuh tetap fit, maka energi yang kamu keluarkan harus lebih banyak dari energi yang masuk.

5. Olahraga ringan

Berpuasa tidak menjadi halangan untuk tetap berpuasa. Kamu dapat melakukan olahraga ringan saat pagi atau setelah berbuka puasa. Kamu bisa melakukan olahraga seperti yoga, jogging, atau bersepeda. Bahkan kamu juga bisa sambil melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, menyiram, atau mencuci. Berolahraga ringan menjadi kunci agar tetap fit saat berpuasa.

Nah itulah berbagai tips agar puasamu tetap sehat dan bugar. Sayangi tubuhmu dengan memerhatikan makanan dan berolahraga ringan secara rutin ya. Tetap semangat beribadah puasanya, dan jaga kesehatan!

Baca juga:

Ingin Puasa Tetap Produktif? Lakukan Ini!

Tips Menjaga Kulit Sehat dan Lembap Saat Puasa

Keuntungan Menjadi Morning Person, Sudah Coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *