Jenis-Jenis Kronotipe, Kamu yang Mana?

oleh -101 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebelumnya apakah ada yang tahu apa itu kronotipe? Dan, apa saja jenis-jenis kronotipe? Dalam zoologi, kronotipe mengacu kepada waktu tidur dan aktivitas seekor binatang.Misalnya, ada hewan nokturnal yang aktifnya di malam hari. Nah, kalau manusia termasuk diurnal yaitu bisa aktif di siang hari atau malam hari. Sebagian orang yang terbiasa bangun lebih awal dan produktif pada pagi hari atau morning larks. Namun, ada juga sebagian lain yang seperti burung hantu yang aktif di malam hari. (tika)

Melansir dari womantalk, menurut Michael Breus, seorang psikolog klinis dan rekan dari Academy of Sleep Medicine. Beliau meneliti lebih dari 200 studi untuk menulis buku The Power of When, ada 4 kategori kronotipe yaitu beruang, serigala, lumba-lumba, dan singa. Nah, kali ini kita akan membahas jenis-jenis kronotipe, kira-kira kamu termasuk yang mana?

1. Beruang

Kronotipe pertama yang akan kita bahas adalah beruang. Mayoritas tipe manusia termaasuk ke dalam tipe ini. Karena tipe beruang ini siklusnya sesuai dengan matahari. Umumnya manusia dengan tipe ini mudah bangun ataupun tidur. Tingkat produktifitas yang baik untuk tipe beruang adalah berada pada titik tertinggi sebelum siang hari. Kemungkinan akan menurun pada jam 2 hingga 4 sore.

2. Serigala

Orang-orang dengan tipe serigala cukup sulit untuk bangun di pagi hari. Bahkan orang dengan tipe ini bisa lebih bersemangat apabila bangun saat siang hari. Kronotipe serigala produktif di waktu menjelang pagi hari dan ketika larut malam. Biasanya waktu produktifnya sekitar 10 pagi sampai jam 12 siang. Kemudian, dapat melanjutkannya lagi pada jam 5 sore hingga jam 9 malam.

3. Lumba-lumba

Selanjutnya tipe lumba-lumba. Kronotipe lumba-lumba seringkali kurang tidur karena sensitif oleh banyak faktor, misalnya cahaya atau suara. Orang dengan kronotipe lumba-lumba produktif dan berenergi pada sore hari hingga larut malam. Karena kebiasaan tidurnya, tipe lumba-lumba disarankan untuk tidur antara tengah malam hingga jam 6 pagi. Hanya ada 10% populasi dunia dengan tipe ini.

4. Singa

Kronotipe singa suka bangun pagi. Orang dengan kronotipe singa ini paling produktif daari pagi hingga siang hari. Energinya semakin menurun ketika sore dan malam hari. Mereka ini umumnya sudah tidur pada jam 9 hingga 10 malam. Energi tipe singa ini mudah naik, namun cepat habis. Dengan produktifitas yang tinggi, orang-orang tipe singa membutuhkan tidur sekitar 8 jam. Oh iya, tipe singa terkenal sebagai sosok yang karismatik dan dipandang sebagai pemimpin lho di antara lingkungannya.

Nah, itulah jenis-jenis kronotipe untuk memaksimalkan produktifitasmu. Kamu bisa mengecek dengan mengikuti kuis-kuis kronotipe yang sudah banyak di internet. Dengan mengetahui kronotipe, akan memudahkanmu untuk menyesuaikan tidur sesuai kebutuhanmu. Jadi, kamu tipe yang mana nih?

Baca juga:

Tips Tampil Percaya Diri di Depan Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *