Kamu Sering Begadang? Ini Dia Dampak Negatifnya

oleh -86 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Halo gengs, gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan di manapun kamu semua berada! Kamu semua yang baca artikel ini ngerasa nggak sih, akibat pandemi segala sesuatu harus kita kerjakan di rumah, dan malah ngebuat kita jadi sering begadang? Entah begadang nyelesaiin deadline kerjaan, tugas kuliah, sampai maraton nonton drama korea. Padahal dampak negatif begadang cukup banyak, lho! (cva)

Buat kamu semua mungkin selama pandemi ini mulai yang namanya study from home, work from home, dan ngelakuin banyak kegiatan lainnya dari rumah. Hal ini malah membuat jadwal tidurmu jadi berantakan.

Padahal, tidur berkualitas di malam hari dengan jadwal rutin penting untuk menunjang kinerja organ, metabolisme, sampai menjaga daya tahan tubuh. Tidak tidur atau terjaga semalaman dapat memengaruhi kemampuan berpikir, suasana hati, sampai kesehatan fisik, lho.

Artikel kali ini akan ngasih tau kamu dampak dari kebiasaan begadang, apa aja yang bisa mempengaruhinya, dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Jadi simak sampai akhir, supaya kamu semua dapat insight-nya secara menyeluruh, ya!

Penyebab Kebiasaan Begadang

Penyebab umum ngebuat kamu punya kebiasaan begadang di antaranya, karena kamu punya banyak pikiran. Pikiran tentang deadline kerjaan, keluarga, masalah sama pasangan, atau bisa jadi insecure pas mau tidur.

Kebiasaan lainnya juga bisa jadi karena perilakumu sendiri, nggak punya time management yang baik. Pas lagi waktu kerja malah kamu gunain untuk leha-leha nonton YouTube sampai drakor.

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Buat kamu semua yang masih suka begadang, yuk ketahui apa aja dampak dari kebiasaan begadang ini. Hal ini berguna agar kamu bisa lebih aware lagi sama diri kamu sendiri.

1. Begadang bisa menurunkan sistem imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh dipengaruhi oleh kualitas tidur malam. Seseorang yang terbiasa begadang, otomatis sistem imunnya akan terganggu.

Menurunnya sistem imun ini akibat dari fungsi organ dan juga hormon di dalam tubuh bekerja nggak optimal. Dari jurnal yang aku baca, kurang tidur bisa mengacaukan ritme sirkadian dan membuat sel-sel proinflamasi meningkat.

Sel-sel proinflamasi inilah yang akan menurunkan fungsi imun untuk melawan berbagai macam penyakit, virus, maupun infeksi di dalam tubuh. Akibatnya tubuh jadi rentan dan mudah terserang penyakit.

2. Begadang bikin naik berat badan

Tubuh punya 2 hormon makan yaitu leptin (menurunkan rasa lapar) dan ghrelin (meningkatkan rasa lapar). Riset menunjukkan, kurang tidur bisa menurunkan jumlah leptin dan meningkatkan jumlah ghrelin.

Inilah alasan orang yang suka begadang punya hasrat ngemil tinggi. Jika ini terjadi dalam jangka waktu panjang, bisa semakin ningkatin risiko terkenanya obesitas bagi orang yang kurang tidur.

3. Begadang ningkatin risiko penyakit berbahaya

Penyakit berbahaya dari penelitian yang aku baca kayak serangan jantung, karena kurang tidur dibawah 6 jam sehari bisa memperbesar terkenanya atherosclerosis atau pengerasan pada pembuluh darah.

Kurang tidur akibat begadang memperbesar risiko terkenanya diabetes. Karena bisa mengurangi kemampuan sel lemak merespon insulin. Hormon yang mengatur metabolisme dan berperan pada diabetes.

4. Begadang menurunkan konsentrasi

Dampak negatif dari begadang juga bisa memberikan kelelahan bagi pikiran dan tubuh. Efek selanjutnya bisa mengurangi konsentrasi, daya nalar, dan kemampuan memecahkan masalah.

Begadang juga bisa mengurangi kemampuan memperhatikan dan menurunkan tingkat kewaspadaan kita. Kesulitan fokus dan konsentrasi ini bisa membahayakan diri, contohnya pas lagi berkendara.

Makanya guys, kalau kamu mau perjalanan jauh, jangan begadang ya!

5. Begadang bisa memicu depresi dan suasana hati buruk

Efek begadang akan memicu mudahnya seseorang mengalami depresi dan suasana hati yang buruk. Hal ini disampaikan oleh Prof Matthew Walker, di mana kurangnya kualitas tidur akan menyebabkan amygdala mengalami peningkatan aktivitas sebesar 60 persen.

Pas amygdala terlalu aktif, terjadi penurunan kemampuan otak dalam mengelola emosi seperti cemas, takut, dan lainnya yang ngebuat mudahnya menjadi stres. Stres yang berlebih dan gak cepat ditangani ini akan berujung pada depresi.

Cara Mengatasi Kebiasaan Begadang

Nah, sekarang kamu udah tau kan, dampak negatif dari kebiasaan begadang. Ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu gunakan agar bisa keluar dari kebiasaan begadang. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Disiplinkan waktu tidurmu agar gak lagi begadang

Mulai coba untuk mendisiplinkan waktu tidurmu. Tidur dan bangunlah di jam yang sama setiap harinya, termasuk saat waktu libur.

Hal ini bertujuan agar sistem kerja otak dan tubuhmu bisa beradaptasi, sehingga kamu bisa mencapai kualitas tidur terbaikmu.

2. Rutinkan olahraga

Olahraga ringan minimal 30 menit dapat meningkatkan hormon kebahagiaan dalam diri. Seperti dopamin, endorfin, dan juga serotonin.

Ketiga hormon ini bisa merelaksasikan tubuhmu sebelum tidur.  Lakukan olahraga tiga jam sebelum tidur, agar gak mengganggu siklus tidurmu.

3. Hindari kafein, nikotin, dan alkohol biar gak lagi begadang

Kafein yang dikonsumsi sebelum, tidur bisa menyebabkan kurangnya level melatonin yang diproduksi alami oleh tubuh. Hormon melatonin merupakan hormon alami dari tubuh yang berperan dalam proses tidur.

Sama halnya dengan nikotin, bisa ngebuatmu sulit tidur juga. Karena saat kamu mengkonsumsi nikotin sebelum tidur tubuh akan jadi terbiasa bangun dan terjaga sampai tengah malam. Karena tubuh kamu nggak akan berhenti membutuhkan nikotin.

Nah kalau alkohol dikonsumsi sebelum tidur, efeknya bisa ngebuatmu jadi sulit tidur Rapid Eye Movement (REM). Jenis tidur di mana kamu sudah memasuki fase “tidur bermimpi”.

4. Hindari makan besar sebelum tidur untuk menghindari begadang

Makan besar sebelum tidur bisa ngebuat gangguan pencernaan yang bisa mengganggu waktu tidurmu. Efek makan besar ini bisa nyebabin kenaikan berat badan.

Karena saat tidur metabolisme tubuh melambat sehingga makanan yang masuk sulit untuk dicerna oleh organ pencernaan.

5. Melatih untuk tidur siang demi menghindari begadang

Waktu siang adalah waktu yang terpenting untuk mengatur pola tidurmu. Tidur siang antara 10 sampai 30 menit bisa mengurangi kelelahan, merasakan efek relaksasi, dan memperbaiki suasana hati.

Hindari tidur siang setelah jam tiga sore karena itu bisa membuat kamu mengalami sleep inertia atau perasaan linglung dan uring-uringan setelah bangun tidur.

6. Relaksasi sebelum tidur agar gak lagi begadang

Bersihkan kamar dan pikiranmu, hilangkan segala hal yang bisa merusak waktu relaksasi mu sebelum tidur. Seperti ponsel, pikiran overthinking, dan lainnya.

Sebelum tidur kamu bisa melakukan meditasi, membaca buku atau melakukan self-motivated atas keberhasilan yang sudah kamu capai. Self-motivated bisa ngilangin rasa overthinking yang sering mengganggu pikiranmu saat mau tidur.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa aku saranin ke kamu semua. Bisa kamu coba praktekin, mana yang pas sama kondisi kamu sekarang. Jadi, kamu bisa mulai ubah kebiasaan begadangmu saat ini untuk kondisi kesehatanmu yang lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.