Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia Part II

oleh -51 views
kapal selam paling mematikan di dunia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Adanya kapal selam dalam sebuah alutsista laut suatu negara memberikan kekuatan yang cukup besar bagi negara tersebut. Seperi peran kapal selam yang menjadi senjata terampuh pada Perang Dunia I dan II. Nah, ngomong-ngomong soal kekuatan kapal selam, kali ini mimin akan membahas kapal selam paling mematikan di dunia. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

3. Kelas Virginia

Kapal Selam Siluman ke-18 AS Kelas Virginia Resmi Berdinas –  MiliterMeter.com
Source by MiliterMeter.com

Selanjutnya ada kapal selam kelas Virginia yang merupakan penerus dari kelas Los Angeles. Kelas Virginia mereka rancang sebagai alternatif yang lebih kecil, lebih murah dan lebih serbaguna.

Dengan menambahkan lapisan anechoic yang baru mereka rancang, struktur dek terisolasi, dan sistem propulsi baru untuk memberikan ciri akustik yang rendah sehingga tingkat kebisingannya sama dengan kelas Seawolf.

Sedangkan untuk persenjataannya, Kelas Virginia membawa 12 tabung peluncur vertikal untuk rudal jelajah tomahawk, empat tabung torpedo 533 mm untuk menembakkan 26 torpedo kelas berat Mk.48, dan rudal anti-kapal Sub-Harpoon.

2. Kelas Astute

Inggris Terima Kapal Selam 'Mematikan' Kelas Astute - Foto Tempo.co
Source by Tempo.co

Inggris pun ternyata tidak mau kalah soal kapal selam mematikannya. Pasalnya, ia juga memiliki kapal selam nuklir jenis Astute yang mempunyai mode silmuan dan juga kapasitas angkut senjata yang lebih banyak dari kelas lainnya.

Kapal selam kelas Astute ternyata mereka rancang untuk peperangan di masa depan nanti. Selain itu, ia juga merupakan kapal selam yang menggantikan kelas Swiftsure yang sudah tua.

Sedangkan untuk persenjataannya, kelas Astute membawa enam tabung torpedo 533 mm, torpedo Spearfish, rudal anti-kapal Sub-Harpoon, dan rudal jelajah Tomahawk.

1. Kelas Seawolf

SSN Seawolf Class
Source by Naval Technology

And the last, pemegang posisi pertama sebagai kapal selam paling mematikan di dunia adalah kelas Seawolf miliki Amerika Serikat. Kapal selam kelas Seawolf ini digadang-gadang sebagai kapal selam paling canggih yang Amerika miliki.

Bagaimana tidak, tujuan dari dirancangnya kapal ini karena untuk mengembalikan keunggulan teknologi Amerika Serikat yang hilang setelah pertengahan 1980-an.

Untuk persenjataannya yang ia bawa sendiri yakni delapan tabung torpedo 660 mm untuk meluncurkan  torpedo Mk.48, rudal anti-kapal Sub-Harpoon, dan rudal jelajah Tomahawk yang dapat menjangkau hingga 1.700 km.

Selain itu, kelas Seawolf pun merupakan kapal selam paling tenang di dunia. Pasalnya, sebagian kapal selam perlu menurunkan kecepatan hingga 5 knot untuk menghindari sonar. Namun, kelas Seawolf mampu berjalan hingga 25 knot tanpa terdeteksi sonar sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *