Kecelakaan Kapal Selam Paling Tragis di Dunia Part I

oleh -262 views
Kecelakaan Kapal Selam

ZETIZEN RADAR CIREBON- Kabar mengenai kecelakaan kapal selam yakni KRI Nanggala 402 yang telah tenggelam membawa duka yang sangat mendalam. Tidak hanya bagi keluarga ABK, seluruh rakyat Indonesia pun turut berduka atas kejadian tersebut. Ternyata, insiden tersebut bukanlah yang pertama. Sudah ada beberapa kecelakaan kapal selam paling tragis yang terjadi.

Bahkan, skalanya pun bukanlah nasional lagi namun sudah berskala internasional. Berikut rangkumannya. (fb)

Baca juga: Hal tentang Kapal Selam yang Jarang Orang Ketahui Part I

Kursk

Belajar dari Peristiwa Kecelakaan Kapal Selam Kursk, Gambaran Sulitnya  Pencarian KRI Naggala-402 - Pikiran-Rakyat.com
Source by Pikiran Rakyat

Yang pertama ada kecelakaan pada Kursk atau K-141 yang merupakan kapal selam kelas Oscar II milik Rusia dan sekaligus kecelakaan paling tragis dalam sejarah. Pada Desember 1944, Kurs sedang menjalani latihan “Summer-X” dengan 30 kapal lainnya milik Angkatan Luat Rusia.

Namun pada tahun 2000, kapal ini menemui ajalnya ketika meledak saat bersiap menembakkan torpedo tiruan selama latihan. Kebocoran dari HTP atau hight-test peroxide menjadi penyebab utama meledaknya torpedo typo 65.

Sebanyak 118 awak kapal tewas karena kejadian ini. Terdapat 23 orang yang bertahan di kompartemen ke-9 ketika kapal tersebut menghantam dasar laut. Namun, pada akhirnya mereka pun tewas karena kehabisan oksigen.

USS Thresher

Tragedi Kapal Selam USS Thresher Hilang, Senasib KRI Nanggala-402,  Ditemukan, Ratusan Nyawa Tewas - Tribun Manado
Source by Tribunnews.com

Kecelakaan yang dialami oleh kapal selam nuklir milik Angkatan Laut Amerika Serikat yakni USS Thresher menjadi kecelakaan kapal selam nuklir pertama dalam sejarah. Insiden yang terjadi pada tahun 1963 ini pun berasal dari kontrol kualitas yang buruk.

Kejadian pun bermula ketika Thresher sedang melakukan uji coba menyelam pada kedalaman 396 meter di bawah laut. Namun kemudian terdeteksi ada ledakan dan kesalahan pada kapal tersebut.

Beberapa menit sebelum tenggelam, Thresher pun sempat mengirim sinyal adanya gangguan pada kapal tersebut ke kapal Skylark. Akibatnya, sebanyak 129 awak kapal tewas dalam kejadian tersebut dan menjadikan kecelakaan kapal selam yang menelan korban terbanyak dalam sejarah.

USS Scorpion

Kapal Selam AS ini Tidak Pernah Kembali Usai Memata-matai Soviet
Source by JejakTapak

Insiden yang dialami oleh USS Scorpion ini terbilang cukup misterius. Pasalnya, kapal selam bertenaga nuklir kelas Skipjack ini dinyatakan hilang pada tahun 1968.

USS Scorpion menjadi salah satu dari dua kapal selam miliki Amerika yang hilang secara misterius. Scorpion hilang bersama 99 orang awaknya pada tanggal 22 Mei 1968

HMS Thetis

HMS Thetis (N25) - Wikipedia
Source by Wikipedia

Tidak hanya Rusia dan Amerika, Inggris pun sempat mengalami musibah kecelakaan kapal selam yang ia alami pada tahun 1943. Kapal selam ini memulai operasinya pertamanya pada tahun 1839 dan melakukan uji cobanya di Teluk Liverpool , Wales Utara.

Namun, karena air masuk dan membanjiri tabung torpedo dan bagian haluan menyebabkan kapal selam ini karam di kedalaman 150 kaki dan merengut 99 dari 103 awak kapal.

Setelah perbaikan, HMS Thetis ditugaskan kembali oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris sebagai HMS Thunderbolt. Namun sayangnya pada Maret 1943, ia pun dihancurkan oleh korvet Italia Cicogna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.