Kenapa Kepiting Jalannya Miring?

oleh -64 views
Kenapa Kepiting Jalannya Miring?

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, kepiting merupakan hewan yang sangat unik. Ketika semua manusia dan juga hewan berjalan ke depan, hanya kepiting yang berjalan kesamping. Namun, apakah kamu pernah bertanya kenapa kepiting jalannya miring? So untuk menjawab pertanyaanmu, kali ini mimin akan membahas seputar kenapa kepiting jalannya miring. (fb)

Baca juga: Rekomendasi Wisata Alam di Majalengka

Mempunyai kaki yang special

Jawabannya dari pertanyaan tersebut ternyata simple yakni pada kakinya. Seekor kepiting mempunyai kaki yang tumbuh di sisi kanan dan kirinya. Walaupun mempunyai jumlah dan letak kaki yang sama seperti laba-laba, lutut dan sendi kepiting mempunyai mobility yang terbatas.

Ia hanya dapat menggerakan kakinya ke depan dan ke belakang layaknya seorang manusia. Sehingga kaki kepiting hanya mengizinkannya untuk berjalan menyamping bukan kedepan.

Sedangkan laba-laba memiliki kaki yang menghadapat ke depan dan ke belakang. Selain itu, sendi yang laba-laba miliki pun lebih fleksibel yang membuat mobility-nya tidak terbatas dan dapat berjalan ke depan.

Cangkang yang besar

Hal yang menjadi alasan lain kepiting berjalan menyamping adalah ia mempunyai cangkang yang besar. Karena cangkang yang besar, membuat kepiting untuk lebih mudah berjalan menyamping dari pada jalan kedepan.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan pun ternyata mempengaruhi kenapa ia berjalan menyamping. Kepiting menghabiskan hidupnya ditimbun lumpur dan juga pasit. Bentuknya yang oval membuat ia lebih mudah untuk berjalan menyamping.

Selain itu, kepiting juga bukan termasuk kedalam hewan yang memerlukan gerakan tubuh yang cepat untuk berlindung dari musuhnya. Ia hanya perlu untuk menggali pasir ataupun lumpur disekitarnya untuk bersembunyi dari predator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *