Keuntungan Menjadi Morning Person, Sudah Coba?

oleh -96 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi sebagian orang bangun pagi adalah hal yang cukup sulit. Apalagi kalau semalaman harus menuntaskan tugas-tugas yang banyak. Seperti yang telah kita ketahui, bangun pagi ini banyak sekali manfaatnya. Menurut penelitian juga bangun pagi bisa membuat lebih bahagia, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kecerdasan otak. Kali ini kita akan bahas keuntungan menjadi morning person, yuk simak! (tika)

1. Tidur nyenyak

Keuntungan pertama menjadi morning person adalah tidur menjadi lebih nyenyak. Melansir dari kumparan, ada sebuah penelitian dari Appalachisn State University yang menunjukkan bahwa orang yang memulai hari lebih pagi akan memiliki tingkat kelelahan yang tinggi. Sehingga para morning person akan mendapat kualitas tidur jauh lebih baik pada malamnya.

2. Meningkatkan mood

Bangun di awal hari juga bisa meningkatkan mood. Menurut penelitian oleh University of Toronto, Kanada orang yang berusia muda atau tua cenderung merasa lebih bahagia daripada yang tidur lebih lama. Ketika kamu bangun pagi, kamu akan merasa lebih siap dan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Kamu juga bisa melakukan olahraga yang bisa membuat meningkatkan mood.

3. Meningkatkan kecerdasan

Bangun pada pagi hari bisa membuat otak kita menjadi lebih rileks dan membuat pikiran segar. Kamu bisa menenangkan pikiran dengan begitu banyak ide kreatif yang terpikirkan. Kamu juga bisa lebih terampil dalam memecahkan masalah. Untuk memulainya cobalah untuk mulai dari hal-hal kecil. Misalnya mengatur alarm dan menjalani dengan tenang dan santai.

4. Kadar gula darah lebih sehat

Tidur lebih larut kemungkinan berpengaruh terhadap kadar gula darah. Melansir dari idntimes, ada sebuah studi yang menemukan bahwa jam tidur yang tidak teratur umum terjadi pada orang yang suka begadang. Hal ini ada hubungannya dengan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit arteri koroner, sindrom metabolik, dan gangguan toleransi glukosa.

5. Merasa lebih berenergi

Ketika kamu terbiasa bangun pagi, maka kamu juga merasa lebih berenergi. Kegiatan yang umum dilakukan morning person, misalnya berolahraga, bermeditasi, atau berlatih yoga. Semua kegiatan tersebut mampu melepaskan endorfin yang memberikan dorongan lebih besar dan merasa lebih baik sepanjang hari.

Itulah keuntungan menjadi morning person yang bisa kamu coba mulai pagi ini. Tetap semangat menjalani hari dan bahagia selalu ya.

Baca juga :

Jenis-Jenis Kronotipe, Kamu yang Mana?

5 Manfaat Vitamin B12 yang Perlu Kamu Ketahui!

Keunggulan Membaca Melalui Ebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *