Kisah Dewi Hera, Istri Zeus yang Pencemburu

oleh -79 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hera yang agung dan cantik adalah pendamping Zeus, Dewa tertinggi Olympians yang memerintah di seluruh Bumi. Namanya berarti Nyonya Besar, atau Pahlawan. (cva)

Hera adalah Ratu Olympus dan dewi pernikahan Olympian. Ia juga dewi yang paling terkait dengan keluarga dan kesejahteraan wanita dan anak-anak. Namun, pernikahannya tidak bahagia, karena Zeus memiliki banyak perselingkuhan.

Nama

Berdasarkan jumlah pemujaan, Hera adalah dewi yang sangat kuno, bahkan mungkin ada sebelum Zeus. Masyarakat bahkan tidak tahu nama aslinya. Hera adalah sebuah panggilan untuk Nyonya.

Mitra Romawi Hera adalah Juno, dewi yang memberikan namanya pada bulan Juni. Bulan yang sampai hari ini menjadi waktu paling populer untuk pernikahan.

Penggambaran dan Simbolisme

Hera biasanya digambarkan bersama Zeus, sebagai seorang wanita matronly berpakaian lengkap dengan keindahan khusyuk. Ia mengenakan mahkota silinder yang terbuat dari karangan bunga dan kerudung.

Kadang-kadang dia membawa tongkat kerajaan yang ditutup dengan buah delima dan burung kukuk. Yang pertama merupakan simbol kesuburan, yang kedua merupakan tanda dari caranya dirayu oleh Zeus. Dia juga sering ditemani oleh seekor merak, salah satu hewan sucinya.

Julukan

Homer sering menyebut Hera sebagai “bermata sapi” dan “bersenjata putih” – yang merupakan julukannya yang paling terkenal.

Masyarakat juga kadang-kadang menyebutnya “perawan”. Setiap tahun dia mandi di musim semi untuk memperbarui keperawanannya.

Keluarga

Ia lahir setelah Hestia dan Demeter. Hera adalah yang termuda dari tiga putri Cronus dan Rhea dan anak ketiga mereka secara keseluruhan.

Ia ditelan oleh ayahnya pada saat lahir dan kemudian dikeluarkan untuk dilahirkan kembali.

Zeus Menipu Hera

Zeus menipu Hera untuk menikah. Mengetahui sepenuhnya bahwa sang dewi mencintai binatang, ia berubah menjadi burung kukuk. Kemudian ia terbang diluar jendela kamar Hera, pura-pura kedinginan.

Karena kasihan, akhirnya Hera membawa makhluk malang itu ke dadanya untuk menghangatkannya. Kemudian burung itu pun kembali berubah menjadi Zeus. Malu karena hal itu, Hera akhirnya setuju untuk menikah.

Istri Yang Cemburu dan Pendendam

Zeus brutal dan kejam untuk semua orang. Tidak mampu menanggung ini, Hera merencanakan rencana balas dendam dengan Poseidon, Athena dan beberapa dewa lainnya. Dia membius Zeus, dan mereka mengikatnya di ranjangnya, sambil mencuri petirnya. Akan tetapi, Thetis memanggil Briareus dan dia berhasil dengan cepat melepaskan Zeus. Kemudian, ia tanpa ampun menggantung Hera di langit dengan rantai emas.

Demi keselamatannya, Hera bersumpah untuk tidak pernah memberontak lagi terhadap suaminya. Jadi, dia mengarahkan kemarahannya kepada kekasih Zeus dan keturunan mereka, menjadi istri yang cemburu dan pendendam.

Keturunan

Anak Zeus dan Hera adalah Hephaestus (dewa pandai besi), Ares (dewa perang), Hebe (dewi musim semi) dan Eileithyia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *