Konjungsi Bulan Itu Apa Sih?

oleh -137 views

ZETIZEN RADAR CIREBON Konjungsi bulan, merupakan salah satu fenomena astronomi yang paling sering terjadi. Hampir sepanjang tahun, konjungsi bulan dapat terjadi. (cva)

Bersamaan dengan pengamatan hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1442 Hijriah oleh ahli falakiyah, di langit juga terjadi fenomena konjungsi solar bulan dan tripel konjungsi Bulan, Venus dan Matahari.

Tripel konjungsi bulan yang terjadi pada 6-8 April lalu, menjadi fenomena langit yang istimewa. Sebab, Bulan bertemu dengan dua planet superior yakni planet Jupiter dan Saturnus.

Lantas, apa itu konjungsi bulan?

Pengertian

Konjungsi bulan, adalah bertemunya Bulan dengan Matahari pada fase Bulan Baru, saat Bulan bergerak di antara Bumi dan Matahari, dikutip dari Brittanica.

Terkadang dua objek langit atau lebih saling bertemu di alam semesta. Para astronom kemudian menyebutnya sebagai konjungsi, untuk menggambarkan pertemuan benda-benda langit ini.

1. Konjungsi inferior
source by: langitselatan.com

Konjungsi inferior adalah ketika sebuah benda melintas di antara Bumi dan Matahari.

Biasanya, para astronom mengaitkan konjungsi inferior ini dengan planet Venus dan planet Merkurius. Sebab, kedua planet tersebut mengorbit di antara Matahari dan Bulan, dan merupakan dua planet inferior dalam Tata Surya

Ketika planet Venus dan Merkurius berada pada jarak yang dekat atau mendekati konjungsi inferior, fenomena konjungsi bulan dengan planet ini ini tidak dapat terlihat dari Bumi, karena keduanya tersembunyi di bawah sinar matahari.

2. Konjungsi Superior
source by: langitselatan.com

Konjungsi ini terjadi saat sebuah objek lewat di belakang Matahari dari sudut pandang kita.

Pada konjungsi bulan dengan Venus atau Merkurius, setengah dari konjungsi mereka dengan Matahari adalah konjungsi inferior, dan separuh lagi konjungsi superior.

Sementara itu, planet superior tidak akan pernah berada pada konjungsi inferior. Planet-planet ini tidak pernah bisa melewati antara Bumi dan Matahari. Jadi, planet superior hanya memiliki konjungsi superior.

Konjungsi Solar Bulan

Dari keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), konjungsi solar Bulan adalah konfigurasi ketika Bulan terletak di antara Matahari dan Bumi. Pada saat bersamaan Bulan juga segaris dengan Matahari dan Bumi.

Tripel Konjungsi Bulan, Venus, dan Matahari

source by: kompas.com

Disebut demikian karena pada kondisi fase bulan baru, Bulan tidak hanya membentuk konjungsi dengan Matahari melainkan juga dengan Venus.

Ketika matahari terbenam, Bulan dan Venus saling berdekatan dengan sudut pisah antara 2,6 derajat hingga 2.55 derajat selama 10-15 menit sebelum keduanya terbenam. Hal ini membuat Bulan kemungkinan agak sulit diamati meskipun dengan alat bantu. Penampakan ketiga benda langit ini, bisa akan berakhir pada fajar bahari (waktu di mana terdapat cukup cahaya Matahari untuk membedakan antara cakrawala dan objek-objek yang berada di cakrawala) berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *