Lebih Baik Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan?

oleh -134 views
Foto : Ilustrasi Tabungan atau Asuransi Pendidikan!

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pastinya, orang tua berharap dapat memberikan pendidikan yang tinggi untuk anak demi masa depan yang lebih cerah. Nah, sebelum menentukan pilihan, ketahui dulu kelebihan dan kelemahan dari tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan. Jadi lebih baik tabungan pendidikan atau asuransi, Simak infonya! (jerrell)

Tabungan pendidikan

Salah satu kelebihan utama tabungan pendidikan adalah produknya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang berguna untuk mengamankan dana jika sewaktu-waktu bank bankrut.

Kamu juga bisa menarik dananya sewaktu-waktu apabila ada hal tak terduga yang terjadi, meskipun tetap ada biaya penalti dari bank.

Terakhir, kamu harus menyetor setiap bulan sehingga ini membuatmu disiplin dalam menabung.

Meski begitu, bunga tabungan pendidikan relatif kecil yaitu hanya sekitar 3 sampai 6 persen saja per tahun.

Belum lagi nilai perlindungan yang diberikan tabungan pendidikan tidak terlalu tinggi.

Asuransi pendidikan

Produk ini memiliki keunggulan yang sama dengan tabungan pendidikan dalam hal disiplin menyetorkan dana setiap bulannya.

Namun, asuransi pendidikan mempunyai imbal investasi yang lebih tinggi dari tabungan pendidikan yang bahkan bisa berkisar 15 persen

Sama halnya dengan asuransi lainnya, besarnya nilai pertanggungannya bergantung pada besarnya premi bulanan yang harus dibayarkan.

Sayangnya, salah satu kelemahan asuransi pendidikan adalah biaya administrasi yang cukup banyak sehingga mengurangi nilai imbal hasil.

Belum lagi produk asuransi pendidikan belum dijamin oleh pemerintah.

Nah, dengan melihat kelebihan dan kelemahan dari masing-masing produk, sebenarnya bisa ditarik kesimpulan bahwa tabungan pendidikan lebih tepat untuk dipilih.

Menurut seorang perencana keuangan, Aidil Akbar, saat memilih tabungan pendidikan hal yang harus diperhatikan adalah bunga dan fleksibilitas penarikan dana tanpa penalti.

Untuk mengetahuinya, kamu disarankan untuk menanyakan langsung kepada petugas bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.