Makanan Antioksidan Paling Tinggi yang Menyehatkan Tubuh (Part 1)

oleh -279 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tubuh kita membutuhkan beragam asupan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi tubuh. Salah satu kandungan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan adalah antioksidan. Senyawa ini membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Berikut Makanan Antioksidan Paling Tinggi yang Menyehatkan Tubuh (Part 1). (safna)

Cokelat Hitam

Makanan antioksidan paling tinggi yang pertama adalah cokelat hitam. Beruntung bagi pecinta coklat, karena cokelat hitam dinilai sangat bergizi. Makanan ini memiliki lebih banyak kakao daripada cokelat biasa, serta lebih banyak mineral dan antioksidan.

Berdasarkan analisis FRAP (untuk mengukur kandungan antioksidan makanan dengan seberapa baik makanan tersebut dalam menetralkan radikal bebas tertentu), cokelat hitam memiliki antioksidan hingga 15 mmol per 3,5 ons (100 gram). Ini bahkan lebih tinggi dari blueberry dan raspberry, yang masing-masing mengandung 9,2 dan 2,3 mmol antioksidan dalam ukuran porsi yang sama.

Selain itu, antioksidan dalam kakao dan cokelat hitam telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang mengesankan seperti mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Kacang Pecan

Makanan antioksidan paling tinggi yang kedua yaitu kacang pecan. Pecan adalah sejenis kacang yang berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Mereka adalah sumber lemak dan mineral sehat yang baik, plus mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi.

Berdasarkan analisis FRAP, pecan mengandung hingga 10,6 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Selain itu, pecan dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 20% kalori hariannya dari pecan mengalami peningkatan kadar antioksidan darah secara signifikan.

Meskipun pecan adalah sumber lemak sehat yang bagus, mereka juga tinggi kalori. Jadi, penting untuk mengonsumsi pecan secukupnya untuk menghindari terlalu banyak kalori.

Blueberry

Makanan antioksidan paling tinggi yang ketiga yaitu bluberi. Meski rendah kalori, blueberry dikemas dengan nutrisi dan antioksidan. Menurut analisis FRAP, blueberry memiliki hingga 9,2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa blueberry mengandung jumlah antioksidan tertinggi di antara semua buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi. Selain itu, penelitian tabung dan hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam blueberry dapat menunda penurunan fungsi otak yang cenderung terjadi seiring bertambahnya usia.

Antioksidan dalam blueberry, terutama jenis yang disebut antosianin, juga telah terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL, dan tekanan darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.