Makanan Antioksidan Paling Tinggi yang Menyehatkan Tubuh (Part 2)

oleh -233 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tubuh kita membutuhkan beragam asupan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi tubuh. Salah satu kandungan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan adalah antioksidan. Senyawa ini membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Berikut Makanan Antioksidan Paling Tinggi yang Menyehatkan Tubuh (Part 2). (safna)

Stroberi

Makanan antioksidan paling tinggi yang keempat yakni stroberi. Stroberi adalah buah manis, serbaguna dan kaya akan vitamin C dan antioksidan. Berdasarkan analisis FRAP, stroberi menyediakan antioksidan 5,4 mmol per 3,5 ons (100 gram).

Selain itu, stroberi mengandung sejenis antioksidan yang disebut antosianin, yang memberi warna merah pada stroberi. Stroberi yang memiliki kandungan antosianin lebih tinggi cenderung berwarna merah cerah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antosianin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL “jahat” dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

Artichoke

Makanan antioksidan paling tinggi yang kelima adalah artichoke. Artichoke adalah sayuran lezat dan bergizi. Orang-orang di zaman kuno menggunakan daunnya sebagai obat untuk mengobati penyakit hati seperti penyakit kuning.

Artichoke juga merupakan sumber serat makanan, mineral dan antioksidan. Berdasarkan analisis FRAP, artichoke mengandung antioksidan 4,7 mmol per 3,5 ons (100 gram).

Artichoke sangat kaya akan antioksidan yang di kenal sebagai asam klorogenat. Studi menunjukkan bahwa manfaat antioksidan dan anti-inflamasi asam klorogenat dapat mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Goji Berry

Buah Goji Beri adalah buah kering yang telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok selama lebih dari 2.000 tahun. Goji berry sering di pasarkan sebagai makanan super karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Berdasarkan analisis FRAP, goji berry mengandung antioksidan 4,3 mmol per 3,5 ons (100 gram).

Selain itu, goji berry mengandung antioksidan unik yang di kenal sebagai polisakarida Lycium barbarum. Senyawa ini telah di kaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker, dan dapat membantu memerangi penuaan kulit.

Tadi adalah artikel tentang Makanan Antioksidan Paling Tinggi yang Menyehatkan Tubuh (Part 2). Simak informasi lainnya di Zetizen Radar Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.