Makanan Antioksidan Paling Tinggi yang Menyehatkan Tubuh (Part 3)

oleh -116 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tubuh kita membutuhkan beragam asupan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi tubuh. Salah satu kandungan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan adalah antioksidan. Senyawa ini membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Berikut Makanan Antioksidan Paling Tinggi yang Menyehatkan Tubuh (Part 3). (safna)

Raspberry

Raspberry adalah sumber serat makanan, vitamin C, mangan dan antioksidan yang bagus. Berdasarkan analisis FRAP, raspberry memiliki antioksidan hingga 4 mmol per 3,5 ons (100 gram). Beberapa penelitian telah mengaitkan antioksidan dan komponen lain dalam raspberry dengan risiko kanker dan penyakit jantung yang lebih rendah.

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa antioksidan dan komponen lain dalam raspberry mampu membunuh 90% sel kanker perut, usus besar, dan payudara dalam sampel.

Sebuah tinjauan terhadap lima penelitian menyimpulkan bahwa sifat anti-inflamasi dan antioksidan raspberry hitam dapat memperlambat dan menekan efek berbagai jenis kanker.

Kale

Kale adalah sayuran silangan dan anggota kelompok sayuran yang dibudidayakan dari spesies Brassica oleracea. Anggota lainnya adalah brokoli dan kembang kol. Kale adalah salah satu sayuran hijau paling bergizi dan kaya akan vitamin A, K, dan C. Kale juga kaya akan antioksidan, menyediakan hingga 2,7 mmol per 3,5 ons (100 gram).

Namun, varietas kale merah seperti redbor dan kale merah Rusia dianggap mengandung hampir dua kali lipat antioksidan, yaitu hingga 4,1 mmol antioksidan per 3,5 ons. Ini karena varietas kale merah mengandung lebih banyak antioksidan antosianin serta beberapa antioksidan lain yang memberi mereka warna cerah.

Kubis Merah

Kubis merah memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Dikenal juga sebagai kubis ungu, sayuran ini kaya akan vitamin C, K dan A, serta memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut analisis FRAP, kubis merah menyediakan hingga 2,2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Kandungan tersebut empat kali lebih tinggi dari jumlah antioksidan dalam kubis yang dimasak biasa.

Ini karena kubis merah mengandung antosianin, kelompok antioksidan yang memberi warna pada kubis merah. Antosianin juga ditemukan pada stroberi dan raspberry. Antosianin ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Mereka dapat mengurangi peradangan, melindungi dari penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker tertentu.

Terlebih lagi, kubis merah adalah sumber yang kaya vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dan menjaga kekencangan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.