Makanan Penghilang Rasa Mual yang Ampuh (Part 2)

oleh -154 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Timbulnya rasa mual tentu membuat tak nyaman, apalagi bisa muncul saat sedang beraktivitas. Mual pertama kali dimulai di otak, di mana pemicu emosional, kognitif, atau kimiawi dapat menstimulasi sistem saraf, menyebabkan disfungsi otot perut dan terciptakan rasa mual. Berikut Makanan Penghilang Rasa Mual yang Ampuh (Part 2). (safna)

5. Makanan dingin

8 Makanan Penghilang Rasa Mual yang Ampuh, Bikin Nyaman Lagi!ilustrasi es krim (unsplash.com/Lama Roscu)

Siapa sangka kalau ternyata makanan dingin juga bisa jadi makanan penghilang mual! Ini karena makanan dingin umumnya tidak berbau menyengat yang bisa memperburuk mual, menurut laporan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics tahun 2016.

Keengganan terhadap bau sangat umum terjadi selama kehamilan. Satu studi dalam Journal of Obstetrics and Gynaecology tahun 2005 menemukan bahwa 41 persen ibu hamil mengalami keengganan terhadap bau makanan dan lebih cenderung terpengaruh oleh mual. Beberapa pilihannya meliputi puding, es krim, buah dingin, yoghurt, dan sebagainya.

6. Kaldu

8 Makanan Penghilang Rasa Mual yang Ampuh, Bikin Nyaman Lagi!semangkuk kaldu (pexels.com/jenvit keiwalinsarid)

Kaldu ayam atau sup ayam adalah pengobatan rumahan umum untuk banyak masalah kesehatan, seperti sakit kepala, pilek, hingga demam.

Cairan memang lebih bisa ditoleransi saat mual. Itulah kenapa kaldu dan sup bisa jadi langkah awal yang baik untuk mengembalikan nafsu makan. Kaldu dan sup juga dapat memberikan hidrasi dan elektrolit, yang mana ini penting bila kamu sedang muntah-muntah atau mengalami demam.

Satu cangkir (240 ml) kaldu ayam mengandung 16 persen dari angka kecukupan gizi harian untuk garam, 8 persen untuk potasium, dan 8 persen untuk niasin.

Kamu juga bisa menambahkan ayam atau sayuran ke dalam kaldu untuk memberikan tambahan kalori, protein, vitamin, dan mineral untuk mengisi ulang energi.

Sebagai bonus, kalau mual disebabkan oleh hidung tersumbat atau pilek, kaldu panas dapat membantu membersihkan hidung, yang dapat membantu kamu bisa bernapas lebih lega.

7. Apel

8 Makanan Penghilang Rasa Mual yang Ampuh, Bikin Nyaman Lagi!ilustrasi apel (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Dilansir Everyday Health, apel mengandung serat yang membantu membuang racun dari tubuh lebih cepat. Serat memperlambat pencernaan, jadi mungkin saja perlambatan transit usus dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan mual.

Namun, waspadai terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berserat, karena justru bisa menambah rasa mual. Rekomendasinya, makanlah satu apel utuh, atau irisan satu apel jika lebih mudah ditelan. Bila tak bisa menoleransi rasanya, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk saus maupun jus.

8. Pisang

8 Makanan Penghilang Rasa Mual yang Ampuh, Bikin Nyaman Lagi!pisang (unsplash.com/Anastasia Eremina)

Kalau mual yang dirasakan disertai dehidrasi, atau bila kamu juga mengalami muntah-muntah, kamu disarankan untuk mengonsumsi pisang. Buah ini dapat membantu mengembalikan kalium, yang mana sering hilang sebagai akibat dari diare dan muntah-muntah.

Kalium adalah elektrolit yang hilang selama muntah dan diare. Pisang juga mengandung zat tepung dan mengikat, yang dapat membantu mengurangi diare. 

Itulah beberapa makanan yang baik untuk penghilang rasa mual yang mengganggu. Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan makan porsi kecil tiap 1-2 jam, makan dan minum perlahan dalam porsi kecil, jangan makan sambil berbaring, absen dulu dari memasak atau menyiapkan makanan, dan jaga kebersihan mulut. Hindari makanan berlemak, manis pedas, berbau menyengat, kafein, dan alkohol, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.