Makanan Sunah Ramadan Dengan Nutrisi Super untuk Tubuh (Part 1)

oleh -95 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada beberapa makanan yang tergolong makanan sunah ramadan. Bahan makanan ini dianjurkan konsumsinya dalam agama Islam karena memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh saat berpuasa. Berikut Makanan Sunah Ramadan Dengan Nutrisi Super untuk Tubuh (Part 1). (safna)

1. Labu

Muffin Labu Kuning.
Foto: iStock

Kebanyakan jenis labu sangat disarankan untuk dimakan pada bulan ramadan. Sebab labu tinggi kandungan air, bahkan ada yang mencapai 94-97% air. Karenanya konsumsi labu tak hanya mengenyangkan, tapi juga menghidrasi tubuh.

Labu bisa diolah menjadi beragam hidangan enak, misalnya sup dan kolak. Atau bisa juga sekadar dipanggang untuk menu praktis sahur maupun buka puasa.

2. Lentil

Makanan ini adalah kacang-kacangan yang tergolong makanan sunah ramadan. Lentil rendah kolesterol dan konsumsinya baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, lentil tersusun dari 26% protein.

Kelebihan lainnya, lentil merupakan campuran serat dan karbohidrat kompleks sehingga saat dimakan akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Kadar gula darah juga bakal lebih stabil. Masak lentil jadi sup untuk hidangan ramadan menggugah selera.

3. Melon

Berbagai jenis buah melon, termasuk cantaloupe dan semangka juga bagus dikonsumsi selama ramadan. Melon tinggi kandungan serat dan air, bahkan bisa mengandung 90% air.

Makan melon akan membuat tubuh terhidrasi, sekaligus membantu menyembuhkan sakit perut atau masalah lambung. Melon bisa dimakan langsung dalam bentuk buah potong atau dijadikan smoothies sehat.

4. Telur

Makanan sunah ramadan selanjutnya adalah telur. Bukan rahasia lagi kalau telur sangat kaya nutrisi. Mulai dari protein, vitamin A, D, E, B6, B12, kalsoum, zat besi, sampai zinc.

Konsumsi telur, apalagi saat sahur, bisa membuat tubuh lebih berenergi seharian. Kamu bisa membuat telur orak-arik dengan roti panggang berbahan bijian untuk kombinasi menu yang sehat.

5. Delima

Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind.  Shot with shallow focus on sliced fruit.
Foto: Getty Images/pjohnson1

Delima terkenal sebagai buah tinggi antioksidan. Kandungan antioksidannya bahkan 3 kali lebih kuat dibanding teh hijau. Nutrisi lainnya, delima kaya vitamin A, C, E, dan asam folat.

Makan delima bagus untuk sistem pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi segelas jus delima setelah buka puasa. Atau bisa juga mencampurkan biji delima ke dalam salad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.