Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah (Part 3)

oleh -70 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gangguan peredaran darah adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi. Meskipun masalah peredaran darah sering diobati dengan obat-obatan, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat meningkatkan aliran darah. Berikut Makanan Untuk Melancarkan Peredaran Darah (Part 3) (safna)

11. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah makanan untuk melancarkan peredaran darah lainnya.

Yang dimaksud cokelat hitam di sini adalah cokelat yang mengandung setidaknya 85 persen kakao.  

Polifenol dalam cokelat hitam dikatakan dapat mengurangi stres oksidatif dan membantu tubuh membentuk lebih banyak oksida nitrat. 

Seperti diketahui, oksida nitrat dapat membantu pembuluh darah melebar dan meningkatkan aliran darah.

12. Ikan berlemak

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi, seperti salmon, mackerel, trout, herring, dan halibut baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan jantung.

Ini karena kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan bisa membantu melancarkan peredarah darah.

Berbagai penelitian pun telah mengungkap bahwa makan ikan secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah saat istirahat dan menjaga arteri tidak tersumbat.

Pola makan yang menyertakan ikan berlemak sehat juga telah ditunjukkan dalam penelitian untuk menurunkan risiko serangan jantung, aterosklerosis, dan aritmia (detak jantung tidak teratur).

13. Teh hijau

Teh hijau telah dikenal memiliki efek sehat pada jantung dan dikaitkan dengan penurunan risiko kardiovaskular.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa teh hijau dapat dengan cepat meningkatkan fungsi endotel dari sistem peredaran darah.

Disfungsi endotel sendiri merupakan proses awal terjadinya berbagai masalah kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, stroke, penyakit arteri perifer, dan lain sebagainya.

14. Bawang merah

Bawang merah telah terbukti kaya akan quercetin, antioksidan kuat flavonoid yang dapat mengurangi risiko kejadian kardiovaskular.

Karena fakta tersebut, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang merah setiap hari dapat meningkatkan aliran darah.

Studi lain menemukan bahwa kebiasaan konsumsi sayuran allium, yakni bawang merah dan bawang putih bisa menyebabkan penurunan 64 persen kejadian penyakit kardiovaskular.

15. Buah delima

Melansir Health Line, delima adalah buah berair dan manis yang sangat kaya akan antioksidan polifenol dan nitrat. Seperti diketahui, dua senyawa ini merupakan vasodilator kuat. 

Vasodilator adalah pengobatan untuk melebarkan pembuluh darah agar darah dapat mengalir dengan lebih lancar.

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah delima, baik dijadikan jus, dimakan langsung, atau dalam bentuk suplemen makanan dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi jaringan otot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.